Family Financial #2 – Mengelola Keuangan Keluarga

Tulisan ini merupakan part 2 dari rangkaian tulisan tentang Family Financial.. Untuk pengantar dan daftar topik bahasan lainnya bisa dilihat pada tulisan pertama di Family Financial #1: Why Financial Planning?
Pada kesempatan kali ini, saya mencoba mendokumentasikan bagaimana cara pengelolaan keuangan keluarga kami dalam bentuk pencatatan keuangan..
Niat tulisan ini dibuat adalah untuk pelajaran ke diri sendiri, smoga bisa bermanfaat jg buat orang banyak, dan spesial, buat sang buah hati kami nanti.. smoga bisa jadi bahan pelajaran ya nak..🙂

Saya & suami berbeda kota (jkt-bdg doang sih, ketemu pas wiken).. alhasil catatan keuangan kami buat di Excel Google Docs supaya bisa di-share bedua, diliat, di-edit dari manapun, kapanpun (asal ada internet), dan dari gadget apapun (kompi, laptop, smartphone) –> kurang geek apa coba??

Knapa masih kayak orang jaman batu nyatet pake excel?? jawabannya adalah supaya bisa di-customize sebebas-bebasnya😀

Kami buat 1 file dengan beberapa sheet yang berisi:

  • Sheet Balance (neraca)
    Sheet ini berisi kolom kiri dan kanan.. Guna sheet ini adalah untuk melihat rekap keseluruhan kondisi keuangan..
    Isi kolom kiri: Kas (uang liquid di bank & uang di dompet), Investasi, serta Piutang.. Liquid istilah yg saya pake untuk menyatakan ketersediaan uang untuk keperluan yang bersifat segera.. Istilah resminya adalah likuditas, yaitu kemampuan membayarkan kewajiban dalam jangka pendek..
    Isi kolom kanan: Modal (total kekayaan yg dimiliki berupa nilai aset & hasil investasi, tabungansaldo bulan berjalan) serta Utang (kewajiban2 belum terbayar, sisa cicilan)..
    Simulasi isi sheet: 
  • Sheet Bank
    Sheet ini berisi rekap transaksi perbankan,, kan transaksi bank bisa dilihat tuh sebenernya, tapi palingan sampai 3 bulan ke belakang.. terkadang kan ada kalanya perlu liat yg 6 bulan-setaun ke belakang.. jadilah rekap transaksi perbankan dicatat juga.. oiya, catatan ini bermanfaat jg buat yg punya rekening lebih dari satu n pelupa😀.. Total saldo uang liquid di bank pada Sheet Balance di-link kan ke saldo transaksi perbankan pada sheet ini..
    Simulasi isi sheet:  
  • Sheet Investasi
    Sheet  ini berisi rekap investasi yang dilakukan.. seperti yg disarankan byk finplanner, uang jgn disimpen di bank semua, tapi juga diinvestasikan.. Oleh karena itu, dibuatlah tab ini buat ngerekap jumlah dana yang masuk ke investasi.. Investasinya sih kecil2an, namanya keluarga muda😀.. Bentuk catetannya sama aja kayak nabung rutin per bulan, bedanya nabungnya bukan ke bank, melainkan ke reksadana atau emas.. Nilai Investasi pada Sheet Balance kemudian di-link kan ke total nilai investasi pada sheet ini..
    Simulasi isi sheet:  
  • Sheet Piutang dan Utang
    Sheet ini berisi rincian piutang (uang kita yang ada di pihak lain) dan utang (kewajiban kita ke pihak lain).. Nilai piutang pada Sheet Balance di-link kan ke total piutang pada sheet ini.. Nilai utang pada Sheet Balance di-link kan ke total Utang pada sheet ini..
    Simulasi isi sheet: 
  • Sheet Bulan Berjalan
    Sheet ini berisi rincian pengeluaran yang dikelompokkan per jenis account (listrik, air, internet, jajan, makan, transport, dll). Untuk tiap jenis account dibuatkan anggaran bulanannya, jadi bisa diawasi pengeluaran dan sisanya selama bulan berjalan tersebut. Total anggaran – total pengeluaran = saldo bulan berjalan.. Nah nilai saldo bulan berjalan di Sheet Balance di link-kan ke saldo ini..
    Simulasi isi sheet: 
  • Sheet Tabungan
    Sheet ini merepresentasikan dompet accordion (dompet dengan banyak kantong) buat jangka panjang.. Pencatatan tabungan dibagi2 berdasarkan keperluannya: rumah & furniture, dana pensiun, dana pendidikan anak, haji, gadget (keluarga geek :p), dana jalan2, dana darurat, dll.. Fungsi dari membagi2 tabungan ini supaya kita disiplin dalam membelajakan uang tabungan.. Misal, kalau tabungan gadget nya baru 1 juta, rumah 1 juta, lainnya 1 juta.. ya brarti cm boleh beli handphone maksimal harga 1 juta walopun total keseluruhan tabungan ada 3 juta.. Konsep dompet accordion ini diajarin sama dosen pas pelajaran kewirausahaan.. bermanfaat banget ^^ .. Nah nilai tabungan di Sheet Balance di-link kan ke total tabungan pada sheet ini.
    Simulasi isi sheet: 

Sekian penjelasan terkait contoh pencatatan keuangan keluarga🙂
Tiap orang dan keluarga pasti punya catetan dengan fungsi dan kemudahan masing2.. Lesson learned sebagai kesimpulan yang bisa saya pelajari dari pengalaman membuat pencatatan keuangan adalah tentang habit & consistency wink .. 2 hal itu yang penting.. bentuk catetannya sih bisa dibuat sesuai preferensi masing2 keluarga🙂
Last, menurut saya quote yg cocok untuk kegiatan pencatatan keuangan keluarga adalah:

keribetan yg membawa manfaat janga panjang😀

Semoga bermanfaat🙂

*this writing is special dedicated to my lovely daughter :)*

11 thoughts on “Family Financial #2 – Mengelola Keuangan Keluarga

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s