Cloud Collaboration

Yow,, yow.. ketemu lagih.. masih berkaitan dengan topik sebelomnya mengenai cloud computing.. skarang ini ami mo bahas ttg cloud collaboration.. istilahnya aja sih agak asing/baru, pdhal contoh aplikasinya dah kita pake sehari2, paling sering diakses lbih dari kerjaan sendiri, n biasany yg pertama dibuka klo buka browser.. apakah ituuu? facebook? twitter? nda kok.. maksudnya email :p ..
but these are all true..
ketiga aplikasi di atas jd aplikasi pling ngetop buat kolaborasi di dunia maya.. asal dipakenya buat itu yaa.. bukan buat narsis doang *aaah.. masa lalu yg kelam.. eh alay.. eh masih ding sampe sekarang..* :p

 back to the topic..

what is cloud collaboration?

definisi resmi dari paper jelaaas bikin males.. pake bahasa sederhana ajah njelasinnya..
kolaborasi itu ya interaksi antar 2 orang ato lebih untuk suatu tujuan..cloud itu semua2nya terpusat dan pake internet buat aksesnya.. gabungin deh tuh 2 definisi.. ngeh kaaan😀

A promise is a cloud; fulfillment is rain    -Arabian Proverb-

nah, kenapa sih konsep ini menarik?..

coba skarang, siapa nda punya account facebook or twitter (or ya,, bukan and.. salah satupun boleh).. nah trus ada lagi aplikasi yg sungguh bikin saya amazed dan sangat terbantu, yaitu google docs (ada jg yg setipe dgn ini tp lebih mapan, namanya zoho).. siapa yg belom cobaa google docs?? seruu lhoo…
..nah trus…
sempet eksplorasi ttg topik ini, n dapet kuliah ttg Perancangan Sistem Interaksi.. krn deadliner, ngerjain tugasnya malem, jd sekalian nge-galau n merenung.. #eh
and.. eng..ing..eng..
lho eh.. lho eh..
tiga aplikasi raksasa di atas kan konsep dasarnya interaksi dan kolaborasi..
makanya semua orang pada pake.. krn bisa berinteraksi dengan teman2nya,, dan pada perkembangan berikutnya orang2 berkolaborasi membahas suatu topik tertentu kayak di group2 fb and list/hashtag twitter..
oh my.. oh my..
berarti dosenku yg ngajar sistem interaksi ni super duper visioner dong.. dia ngajarin kuliah untuk suatu konsep yg nggak akan pernah obsolete.. bahkan aplikasi yg dikembangkan berdasarkan hal itu smua jadi raja di dunia internet.. uwaaaawww.. #lebay

interaksi/kolaborasi: konsep sederhana yg “ah gitu doang, smua tau kalii”.. tp konsep ini nggak akan pernah obsolete

…perkembangan berikutnya…
game-game terkenal n laku (yg ak cobain doang ya) #cmiiw semua di tambahin fitur kolaborasi.. kayak pet society d fb, zoo story di android, snoopy little fair di ipad,, smuanya ada fitur bs maen ke tempat tetangga buat bersimbiosis mutualisme.. simbiosis kan bisa disebut dengan berinteraksi/berkolaborasi..

nah,, skarang2 kan smua2 pake internet tuh.. ya otomatislah kolaborasi n interaksi dilakukan berbasis internet.. (eh contoh aplikasi yg disebutin di atas td dah berbasis internet smua ding ya).. ya gitu deh..

Collaboration and Cloud Come Naturally for Digital Natives – Duivestein et.al

tuh quote di atas representatif bgt kan buat orang2 di jaman skarang.. klo dah suka internet, pasti suka interaksi/kolaborasi.. dan sebaliknya

sekarang bahasan dr segi manfaat knapa ami cinta mati ma teknologi berbasis kolaborasi ini..

  1. Across-boundary –> mo satu di ujung dunia mana, yg satu dimana, asal ada inet, tetep bs kolaborasi
  2. Hasil pembahasan tersimpan dalam data centered –> gak memungkiri kan, kadang email n fb jd media nyimpen2 barang spy bs diakses dimanapun..
  3. Interaksi dapat dilakukan kapanpun dimanapun 7 hari 24 jam menggunakan alat komunikasi yang terhubung dengan internet –> no further explanation

selanjutnya contoh bentuk teknologi cloud collaboration inih

  1. Mailing-List, ato sekedar lempar2an email utk bahas 1 topik antar bbrp orang
  2. Forum virtual, contoh: kaskus
  3. Social media, contoh: facebook, twitter
  4. Aplikasi bisnis proses online macem SAP, ERP, dll
  5. Shared network directories, word processors, spreadsheet kayak google docs dan zoho..

uweeeesss.. segitu dulu ceritanya.. smoga bisa dimengerti n menambah pengetahuan siapapun yg baca..😀
amiin..
oiyaa oiyaa.. #lessonlearned klo susah2 belajar ttg bikin user interface yg bagus.. pegang aja 1 hal ini: user pasti suka aplikasi yg bs kolaborasi sama orang lainnya, apapun ituh.. #sotoy
jd klo bikin aplikasi, terutama mobile, tambahin deh fitur ini (udah kali miii.. telat kmu mah ah)  :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s