Cloud Computing (part 3) Manfaat

Pada postingan sebelumnya tentang Cloud computing, ada bahasan dari sisi pengenalan dan jenis layanannya. Nah sekarang lanjut tentang Manfaat.. Harusnya dibahas duluan sih, tp ya sudahlah😀.. Dari beberapa sumber bhs Indonesia n bhs Inggris, ada beberapa kesimpulan manfaat yg dapat diperoleh dari menerapkan cloud computing inih..  ada beberapa diantaranya dituliskan dibawah ini :

Hemat biaya

Oke oke.. Seblom masuk ke bahasan kenapa bisa hemat, aku kasih pengantar penjelasan dulu yah.. yg namanya solusi untuk penghematan tentu saja disertai sudut pandang lain mengenai manajemen perubahan.. dan kita tahu, manajemen perubahan juga mengeluarkan biaya tertentu.. solusinya sih utk hemat biaya, tp klo orangnya pada nda bisa pake teknologinya, tambah bikin pekerjaan susah n lama diselesaikan, blablabla, malahan jd tambah boros kan..
bahasan n arguing tentang hal ginian ya kyk bahas mana lebih dulu: telur ato ayam –> nggak ada ujungnya.. so, untuk menyederhanakan pemikiran, one step at a time, kita ambil satu sudut pandang ajah dulu😀.. hemat biaya dr sisi solusi cloud versi para vendor yg nawarin :p n para peneliti teknologi cloud inih..
penghematan biaya penggunaan cloud computing untuk solusi bisnis adalah akibat perusahaan dapat mengurangi pengeluaran biaya pada hal-hal di bawah ini:

  • Perusahaan tidak perlu membeli hardware berupa production server maupun jaringan pendukungnya
  • Tidak ada biaya setup awal untuk platform pembangunan dan penggunaan aplikasi perusahaan
  • Perusahaan tidak perlu membeli software dasar untuk pembangunan aplikasi
  • Perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk software upgrade
  • IT Professional yang dibutuhkan untuk perawatan dan pembangunan sistem berkurang
  • Tidak ada biaya untuk hardware upgrade
  • Pengurangan biaya listrik yang digunakan untuk menyalakan hardware

Mengurangi kesulitan mempersiapkan dan merawat infrastruktur IT

Penggunaan cloud computing dapat mengurangi beban kesulitan persiapan dan perawatan infrastrukur karena platform beserta kustomisasi software pendukungnya dilakukan oleh perusahaan pemberi layanan cloud computing. Sehingga organisasi pengguna bisa fokus pada pengembangan aplikasi saja.

Manajemen kapasitas

Kebutuhan perusahaan yang bergerak di bidang transaksi via internet akan kapasitas aplikasi akan terus menerus berkembang. Oleh karena itu, ada kebutuhan akan solusi mudah dalam mengembangkan kapasitas ini, baik dari sisi bandwidth, kapasitas penyimpanan data, maupun kapasitas user-handling yang semakin berkembang. Istilah sebutan karakteristik ini adalah scalability. cloud computing menjawab kebutuhan ini dengan menyediakan layanan  yang disertai pilihan kapasitas yang dapat digunakan perusahaan pengguna. Sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan tenaga tambahan untuk pembelian infrastruktur hardware maupun software untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan bisnis yang semakin berkembang.

Tambahan penjelasan tentang scalability dari @lafraniatfk makasiih pra😉

scalability adalah kemampuan sistem buat scale up/down berdasarkan client request. ga semua vendor harus punya server2 gede dan banyak, asal client request bisa terpenuhi. contoh: pake virtual machine. saat high request load, bikin instance VM lebih banyak, saat low, VMnya bisa didelete. penerapan scalability nyambung ke pay-as-you-go juga konsepnya. manfaatnya buat dua2nya, baik pengguna, maupun vendor.. belum tentu juga server2 gede bisa kepake semua kalo client request nya segitu2 aja. vendornya rugi juga kan? makanya mereka jg perlu nerapin scalability untuk pengelolaan server2 guede yg mereka punya..

Availability

Manfaat lainnya yang bisa diperoleh dari penerapan solusi cloud adalah jaminan bahwa dapat diakses 7 days 24 hours (coba deh liat mobil2 lintas arta dengan tulisan tagline itu gede banget :p ).. ya kayak jasa hosting aja, klo sekali down, pasti smua client nya ngamuk2..

Tambahan penjelasan tentang scalability dari @lafraniatfk makasiih lagi pra😉

Availability: dengan scalability, vendor bisa janji ngasih jaminan kl layanannya bisa >90% (bahkan ada yg 99,9%) bisa diakses kapan aja, bahkan saat peak load. siapa yg mau saat butuh, tiba2 servernya down. apa kabar coba yg suka deadliner? *curcol dikit* :p

Yap yap.. sekian dulu bahasan terkait manfaat yaah.. klo ada yg mo nambahin dipersilahkan😉

3 thoughts on “Cloud Computing (part 3) Manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s