Cerita di Sekolah

Sekolah (baca: sekolah pasca sarjana)..
Diawali dengan niat “pokoknya ak mau dua2nya, kuliah iya, tp counter pengalaman kerjanya ttp jalan”, jdilah milih jalan beda ma temen2 dskitar aku.. Daftar d S2 d dlm negeri, beda ma temen2 yg pd apply k luar smua.. Berangkat dengan anggapan “gampang wes skolahnya, bs disambi kerja n  proyekan“.. Trus pake sombong jg “temen2 yg pinter udh pd skolah di luar, ami bisa dong jd yg pintar skarang

Dan…

Ami mulai berangkat k sekolah.. Tp ternyata sodara2, beda banget kenyataan di lapangannya..
Fakta 1: tugasnya mengerikan.. Megap2 ak bagi waktu buat ngerjainnya.. Tp di sisi laen jd bs blajar byk sih..
Fakta 2: temen2nya rajin2 n pinter2 n baek pula.. “they’re a lot more than I could ever expected”.. Makasih  jd bisa belajar byk bgt, baek soal pelajaran maupun attitude.. dimana pada inget hrs berbagi ke temen klo tau sesuatu.. biasanya, nah ya udah untung yg rajin mau berbagi.. yg males, tinggal usaha capek2 minta ato fotokopi bahan dr yg rajin.. nah ini, yg rajin malah yg berbagi tanpa diminta.. beruntunglah orang2 pemalas kayak aku, yg tanpa usaha jg, udah tersedia di depan mata bahannya.. teman yg hebaat (two thumbs up)!!

Dan bahagialah ami bs dapet yg sesuai dengan niat awal dan bahkan lebih.. alhamdulillah..

Tapi yg namanya hidup, pasti ada naek turunnya..

Yg ak kira hal pertama yg bikin ak breaking down adalah krn mo pecah kpalanya dlm usaha membelah diri antara ad d kantor ato kampus.. Ato dalam usaha membelah otak dlm usaha ngerjain proyek n tugas kuliah..
Tapi ternyata justru bukan kedua hal itu.. Dua hal ini malah jadi challenge buat blajar bg waktu, nentuin prioritas, n tentu saja cara licik spy bisa ngerjain smua dgn baek n benar :p.. hohoho.. yg terakhir malah yg paling utama kyknya klo buat si ami mah😀

… dan Sampailah ami k minggu UTS….
Akhirnya menemui hal yg bikin ami breaking down..
entah ini idealis, ntah ini udh setelan dr kecil jd nda bisa diubah..
Hal yg mungkin dianggap kecil sama org lain lho sodara2..
…… apakah itu??? ……
“kerjasama bebas saat ujian”
Justru hal beginian yg bikin ami sampe bbrp hr nggak mo kuliah..
ami: “aku mau berenti kuliah aja, buat apa ak kuliah klo mutunya cm kyk gini!!”..
lady boss: “mi, inget niatnya dl apa.. sayang, masa berenti sampe sini”..
om2 gendut: “ayo mi, kuliah.. sama-sama.. kujemput yaa”
ami: “enggak.. udh, nda usah kuliah ato apply d luar aja, spy adil.. mahal2 bayar, cm begini doang..

Berjuta alasan dan argumen dcoba dkemukakan oleh smua org dskitarku..
Mulai dari “mungkin udh bukan masanya mereka blajar lg, jd emang dianggap biasa aja kerjasama pas ujian..”
atau “mereka mule nanya d 1 jam terakhir kok mi,, itu udh last effort kok mi..
atau “itu udh biasa kali mi klo d lingkungan mereka, nda ketat..
jujur yaa.. seinget aku, pemandangan terakhir kerja sama sebebas itu terakhir aku liat di SMP.. bayangin.. SMP..
apa-apaan.. ini S2 lhoo.. helooo..  (furious tingkat tinggi.. saat itu..)

Tapi buat aku.. Nggak ada alasan ato pembenaran apapun soal ini..
Klo udh lbh tua, jd bukan masanya lg belajar, y lbh bs ngasih contoh dong..
atau klo tujuanny jd dosen, ya gmn mo minta mahasiswany jujur pas ujian, klo dianya jg begitu..
Tuh kan, like I said, nggak ad pembenaran apapun soal ini..
biar lulus? jd nda mubazir uang/beasiswanya..” ini lho ak bayar sendiri, susah payah cari uang, tp ttp berani gambling dgn resiko nggak lulus
n hrs keluar uang ekstra lg buat bayar… “adil nggak itu?

Dishonesty always bring good for the one who do it.. and injustice for people around them.. what a nice way to be a human, right?

Trus akhirnya, yoweslah.. Niatnya lbh gede dr hal2 bgini.. Lanjut sekolah lg aja..

Trus sampe lg ke UAS.. Dengan pelajaran yg sumpah ya.. bener2 have no idea apa yg mo dikerjain..
Trus pas ujian pake sakit.. stuck pula nda bisa mikir..
Trus pke acara hilang ingatan vocab bhs inggrisny, jdlah bengong nda bs apa2 pas ujian..
…..lalu memandang k skliling.. Ya Tuhanku, sampe bener2 mo nangis..
andaikan open book, ak cm bth liat kamus d hp buat tau artinya, tapi…..
…..Lalu…..
Lirikan pertama: “liat yg nyalin dr kunci jwbn yg dprint”
Lirikan kedua: “pada diskusi..”
Lirikan ketiga: “ada kertas berjalan..”
ya Allah, ami cm bth mastiin arti kata odd.. Hiks.. Boleh ya liat kamus..
…. Mikir ….. Sampe akhirnya dpt bisikan….
mi, inget kmu kerja d dunia yg kyk apa.. Full penjilat, cheater, backstabbing, n mata duitan, a.k.a dunia proyek (berlebihan sih ini, nda full kok, tapi adalah pasti yg begitu :p), klo hal yg sekecil ini aja udh nggak tahan iman, gmn nanti..
Ya udah, akhirnya dgn berkaca2 n pasrah.. “cm minta lulus kok.. amiin
n dlm kondisi super pesimis masih sempet2nya.. “nda papa deh ngulang jg, bs ngecengin brondong” :p
tapi masa iyaa nggak lulus T_T….

Yowes.. lupakaan.. UTS berakhir.. UAS berakhir.. at least bisa tenang sesaat dari sgala rush n stress ini..

Nah, yang ak heran tuh ya satu hal..
Ak sadar penuh klo sbnerny pada pinter2, jauh di atas ak yg pemalasan ini..
Sebenernya pasti bisa kok kerja sndiri2.. Nilainy pasti tetep d atas aku..
Cm pengen blg disini, temen sekolahku ni hebat2 kok..
Tp kok pd nda PD yaa.. Ini ami yg pemalasan n dong2 aja PD kok.. Kalian pasti juga..😉

Kan katanya kita calon generasi penerus bangsa,,,
ato calon pendidik generasi penerus bangsa,,
ato calon lulusan dr calon skolah pasca sarjana terbaik dlm negeri..
Banyak lah alasan utk jd lbh baek lagi..

Utk semester 1 ini, makasih buat kerjasamanya..
Yang d awal cuma yg penting bisa jadi ‘Amalia Rahmah ST, MT’, trus bisa foto wisuda lagi (soalnya yg jaman S1 sempet diilangin ma bapak) Nah skarang justru dpt byk hal pengalaman.. Makasih ya Allah dan juga teman2.. gimana bisa melalui ini semua tanpa sharing info dan pengetahuan dari semuanyaa..
Keinget jg omongan bos: “skolah yg bener ya mi, dilurusin pola pikir n pemahamannya“.. Dan emang iya, utk kerjaan ak yg jd praktisi d IT n IS, bener banget tujuan yg satu ini buat dipegang jd penyemangat slama blajar, kuliah, n ngerjain tugas (yg ampun2an malasnyooo ngerjainnya)..

Masih 3 semester lg, ntah apa lagi yg ada d depan.. sebenernya udh jelas sih satu biang stress utama “Tesis”,, tp nanti dulu lah itu..
Satu hal yang aku tau, dengan skill n kompetensi yg ak n temen2 punya, plus niat n doa,, smua pasti bisa dilalui dengan baek..
Amiin..

..sampe sini dulu cerita di sekolahnya..
Maaf bila ada kata2 yg nggak berkenan, ini cm dtulis dgn tujuan jd pembelajaran n pengingat brsama aja.. soalnya percuma klo ngedumel dalem hati ato k orang2 skitar.. nggak akan memperbaiki apapun.. ya sudah, jd di share di sini aja tulisannya…

Somehow the injustice happened to you because you left too many things unsaid.. so, just speak up your mind when you can, and when it’s still allowed😉

Semangat ya teman2😉 bismillah…

— drafted on beloved am-droid on the way jkt-bdg, 20 Dec 2010 —

5 thoughts on “Cerita di Sekolah

  1. Sabar ya… Bersama kesulitan ada kemudahan, biarlah Dia yang menilai usaha yang kamu lakukan dan “usaha” yang mereka lakukan🙂

    Tapi kalo masalah kesel, saya juga ngerasain itu dari dulu… Mungkin itu salah satu alasan saya memilih berkuliah di luar, capek hatinya lebih kecil, baik itu capek hati dalam hal akademis seperti ini, atau capek hati sama jalan di bandung (jadi curhat)

    Dan sangat setuju… Biasanya hal besar bermula dari hal kecil… Kalo udah biasa berbohong di level pendidikan, ntar korupsi (awalnya kecil-kecilan, lama-lama tambah gede) akan jadi hal yang dibiasakan…

    Anyway, semoga lulus (dengan nilai yang memuaskan) ya anak Ami!🙂

  2. yang sabar n semangat ame,, namnya juga lingkungan ,, g semua nya kondusif me. Luruskan niat, inget dulu tujuannya apa ikut S2, katanya mo tambah ilmu n bisa ngajarin aku yg ga S2 ini😉 Tetep konsisten n jangan menyerah ^^

  3. Setuju sih, sebenernya ga ada alasan untuk kerja sama diskusi bebas gitu. Apalagi sebenernya temen2 itu emang mampu, cuma ga PD.

    Tapi ya buat orang2 seperti kita, lebih baik kita kembali ke tujuan utama kan. Aku lebih suka berkaca ke orang2 seperti Paul, Tyo, Indri yang emang kelihatan jadi lebih skill setelah masuk S2. Buatku jadi seolah impian yang ingin kugapai.

    Anyway, the road is still long (jalan masih panjang). Seneng banget bisa ngelewatin semester 1 bersama ami, soalnya belum tentu di semester akhir nanti kita akan bersama (berkaca dari ketika S1). Ayo mi, sama2 berusaha, sama2 berikan yang terbaik. Pasti ami bisa kok. Wong ami lebih pinter dari aku

  4. wah hebatnya ami udah gede sekarang. udah S2.. dibandingkan aku yang cuma apalah awak ini.. -_-
    hehe, udah gitu makin dewasa juga.. makin idealis.. keep it and don’t worry and sad being bothered by ur surroundings. just focus on ur tasks and do your best
    ganbatte!! ^^

  5. Tetap semangat amee.. di semua lingkungan pasti gitu, ada yang baik ada yang nggak. Kita ambil pelajaran yang baik2 aja, yang nggak ditinggalin, daripada difikirin bikin kita pusing mending fokus ke tujuan awal kita pribadi, tetep konsisten ke idealisme pribadi.
    Kalo tujuan awalku ikut s2 ini ga lain untuk meningkatkan skill komunikasi-ku aja, belajar berpendapat, belajar melihat masalah dari sisi sosial – sisi human. Dan itu banyak didapat kok me di s2 ini, mau sekolah di dalam mau di luar yang paling penting niat kita untuk belajar me. Keep fighting ya!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s