Orang2 Dunia Proyek yang Jahatnya Nggak Kira-Kira..

Lagi pengen teriak2 sama dunia.. saya di titik stres ngadepin fakta hidup.. mungkin hidupnya sendiri masih aman tentram,, tapi tau fakta di dunia nyata banyak yg aneh2, jadi stres sendiri.. dan sekali lagi..

It’s not that I’m perfect.. It’s just one of my way to learn about something which is wrong, which is right.. which is to follow, and which is to against..

Nah teman2, ini lho peran2 yang mungkin terlibat di dunia pekerjaan kita sehari.. karena sesuai judul, ya yg di sharing di sini yg aneh2 aja.. yg bikin geleng2.. yg bikin gemes.. yg bikin marah,, dan yg bikin nangis2.. Per Peran yaa..

1. Project Manager

Yah ini jabatan yg mungkin diidam2kan banyak orang, prestisenya tinggi, tanggung jawabnya gede.. dan otomatis hasil yg didapat jg gede.. tapi tapi tapi.. banyak juga cobaannya untuk bisa adil ke client maupun tim yang sedang dipegang.. ngerti sih emang susah.. salah salah dikit masih dimaklumi lah.. jahat dikit masih dimaklumi, karena mungkin untuk the greater good.. tapi klo jahat nda kira2 ini yg jadi pertanyaan.. denger2 cerita2 dari orang tentang PM nan aneh2 kelakuannya.. mulai dari yg nggak membantu meringankan beban pekerjanya, nda ngegaji, nda ngadepin user, sampe minjemin uang buat pekerjanya (yg notabene nda dia gaji) dan berbunga pula tiap bulannya.. satu orang lho itu.. (keknya udah pernah cerita d thread sebelumnya)..
trus ada lagi yg “males ngurusin orang kecil”.. tuh kan, ini deh satu lagi, knapa saya tidak suka orang dengan basic pendidikan beda sama bidang yang dia digeluti.. soalnya pemalasan ngurusin sampe printilan.. ato bukan pemalasan sih, cm emang nggak bisa, a.k.a bodoh aja jadi nda bisa ngerjain ato ngurusin printilan.. belajar dong klo mau sukses.. bisa kok sukses lintas basic pendidikan.. sukses di mata client, pekerja, maupun rekanan.. tp emang bener sih, buat apa punya tim klo hrs semua2 sendiri,, tp klo yg terkait harus ngurusin ‘orang’ gimanaa.. tim walaupun terkecil sekalipun perannya kan tetap orang.. tetap harus dihargai.. gimana sih.. belajar berapa taun sih jadi hal2 mendasar aja nggak tau.. klopun perhatiannya nda keliatan, tp at least dipikirkan kek,, sebenere soon or late orang pasti bisa bedain, yg emang peduli tapi nda keliatan, sama yg emang nda peduli..

2. Pekerja

Udah ya digaji, diberi honor, diberi kesempatan bekerja, and best of all diberi pembelajaran dan pengalaman baru.. tapi ngelunjak.. eits, jangan salah dulu sodara2, ini bukan menjelek2an orang lain.. tapi diri aku sendiri juga mungkin aja kayak gini.. apalagi di umur kita yang sekarang, yg emang lagi di tahapan bekerja untuk/pada orang lain, baik itu client, ataupun perusahaan, ataupun instasi tempat kita bekerja.. ya perbuatan jahatnya kayak gini lho misalnya, udah digaji,tapi telat kerja, bablas deadline, keluar tanpa pemberitahuan, bolos2 tanpa alesan jelas, pinjem uang terus2an tanpa ada pengabdian, dan ‘lupa pernah ada hubungan’.. kadang gemes kan klo kita bawahan ngeliat atasan/rekanan bikin masalah,, tapi ternyata sodara2, bukan berarti klo pekerja ngebuat masalah nggak akan jadi beban pikiran atasannya sama sekali.. mungkin sampe di level kesel doang klo di’nakalin’ atasan/rekanan,, tapi klo atasan di’nakalin’ pekerjanya mungkin lho berasanya sampai ke emosional, gemes iya, sedih iyaa, tapi kesel nda boleh karena harus ngertiin.. percaya deeh.. beban pikirannya sama beratnya.. blum lagi kalo nemu yg dulu pernah kerja, tp hilang sama sekali, n nda mau bantu, n nda mau dihubungi sama sekali setelah keluar..  ini jg bisa bikin seorang bos sedih lho.. (ak pernah kayaknya jahat2 sebagai pekerja begini,,, nda ke satu orang sih.. satu perkumpulan lebih tepatnya.. maaf yaa😦 )

3. Rekanan ato Makelar ato Broker (apapun lah istilahnya)

Ini ni satu masalah yg sering juga bikin stres.. sekarang gini lho, kalo ya emang nda punya uang, nda mo uangnya dikasih ke orang laen, nda usahlah ngajak2in orang bareng di suatu kerjaan ato nawarin kerjaan, nggak usahlah pake janji2 manis.. anak kecil aja tau kalo janji harus ditepati, ini makin gede kok ya orang malah makin bodoh aja.. pasti udah berkeluarga, udah punya anak, tapi begonya ngalah2in anak SD.. heraaan.. klo niatnya cuma emang buat ‘memanfaatkan’ orang lain, at least sediakan sebagaimana minimal hak orang lainnya.. nah ini pake janji janji manis segala, nda dikasih haknya, nda mau bantuin memperbaiki keadaan, pake sombong pula.. udah ya dibenci orang, dosa, nda ada pembelajaran sama sekali.. masa sih hidup tuh tentang uang, uang, dan uang doang.. masa sih.. klo nda gitu apa coba alesannya bisa sejahat itu.. belum lg klo nda memberikan hak orang lain sesuai haknya.. heran bisa2nya ada orang tidur di malam hari dengan fakta puluhan orang lainnya stres mikirin makan,, cuma makan doang, hal paling mendasar ituu… helooo.. hati yg kemaren dikasih Allah kemanaa yaaa.. dipake dong..

paling bingung kalo udah nemu orang yang udah bodoh, sombong pula.. klo skill trus sombong, wajar, ada hal yang disombongkan,, nah klo nda skill, nda oke, yg disombongin tuh apaan.. kok ya aneh2 aja.. kita2 yg pinter aja membumi kok :p (padahal dengan nulis gini malah menunjukkan sebaliknya😀 )

4. Pemberi Pekerjaan (pengadaan)

Ini ni.. kayaknya sumber masalah di dunia persilatan.. klo aja orang2 yg kerja di divisi ini bisa jujur pasti dunia aman terkendali.. sekarang, silahkan deh temen2 yang di pns memberikan pembelaan diri, terutama yg kebetulan bekerja di divisi ini.. soalnya sejauh pengalamanku divisi ini cuma ada di instansi negara atau pemerintahan.. klo aja semua proses lelang dan penunjukan langsung mengikuti aturan yg ada, karena dari sisi adminstratif aja udah ribet, dan jelaaaas, masih bisa dicurangi, nah ini pake harus ngasih2 persenan buat orang2 pemberi pekerjaannya.. di sini ak pengen teriak.. coba jangan egoiiiis… dikiiit aja.. kalo kayak gini, nyusahin outsourcenya lah jadi harus maen curang dengan ngasih sogokan (ikutan dosa kan), kalo nda, sebagus apapun prestasinya, tetep we kalah bersaing.. atau atau atau.. hrs rutin ngasih supaya masih ada kesempatan dikasih pekerjaan lagi.. hyuuuh.. capeknya.. trus kepikiran nda sih para bapak2 ini klo menyusahkan temen sendiri juga, yaitu bidang lain yg menjadi usernya.. kasian kan mereka.. udah capek2 ngawasin.. capek2 nyusun rencana.. nda dapet apa2.. trus dapet hasil kerja kurang dari seharusnya karena uangnya yg nyampe ke pihak outsource yg ngerjain juga kurang.. heloo,, mending2 kurang 5-10%… klo 50%.. itung aja kualitas dan kuantitas pekerjaan dengan dana dipotong ini itu dan dibandingkan dengan yg dianggarkan,, trus temen2 user juga harus ngehadapi bpk, kpk, dan badan pengawasan lainnya.. tuh kan tuh kan.. udah merugikan instansi, merugikan rakyat (uang rakyat ituuuuu), merugikan pihak outsource, merugikan teman pula.. heraaan kenapa ada sistem begini sih, kalo cuma menyusahkan orang banyak aja.. mudah2an kalo ada pejabat2 yg baca ini bisa jadi masukan, klo sistem begitu jelek,, kasian banyak orang.. knapa nda dikasih ke calon usernya aja segala macem teknis lelang dan pengadaan pekerjaan, nda usah dikasih ke bidang lain yg ngerti ttg kerjaan aja blum tentu.. maen kotor pula.. (walopun pasti masih ada yg jujur dan baek.. amiin..) masih nggak ngerti dasarnya dibuat sistem kayak gini.. silahkan bagi yg bisa menjelaskan.. saya mau dengar.. trus blum lagi kalo membentuk budaya ‘kick back’, ‘sogokan’, ‘entertainment’ dan semua kegiatan ‘maen kotor’ itu jadi halal.. ya Tuhaaan.. dunia udah kebalik.. yg jahat dan licik yg berkuasa.. no wonder rakyat yg miskin tambah miskin.. yg leyeh2 tambah kaya.. yg capek2 segitu2 aja dapetnya.. kasiaan😦  Ya Allah, bisa nggak ya keadaan membaik.. semuanya sesuai aturan, klo harus ngasih persenan ya sewajarnya saja, anggaplah biaya marketing dan terima kasih.. tapi dengan nilai sewajarnya.. tapi atas dasar inisiatif yg dikasih pekerjaannya, klo tau berterima kasih ya ngasih.. klo nda ya nda pa pa.. kan emang udah tugasnya bapak2 ini ngurus2 segala macem kegiatan pengadaan dan lelang.. kan udah digaji juga.. masih kurang apa?? klo kurang ya sapa suruh kerja disitu.. wiraswasta kek klo mau kaya..

udah ah capek.. segitu duluu.. cuma bisa nulis ginian jam2 nda puasa.. klo lg puasa soalnya emosinya meletup2.. sayang puasanya.. heran kan,, pada sekolah n kuliah dimana orang2 di atas dulunya.. kayak nda pernah sekolah aja kan.. (padahal ada yg satu almamater sama saya :p ).. emang nda ngaruh kali ya sekolah dimana.. gimana orang n lingkungannya aja sih..

oiya, hal yg aku ngerti, ini semua mungkin satu sisi dari seseorang.. pasti di sisi laen setiap orang tersebut di atas juga punya sisi baik, atau alasan kenapa menjahat.. at least buat temen2nya ato keluarganya ato bahkan orang2 yg disakiti.. nda setiap waktu kok orang tuh jahat.. makanya ada tulisan ini, buat pembelajaran bersama aja klo hal2 yg di atas itu JAHAT lho.. jadi kita sama2 bisa belajar membuat salah ato kejahatan seminimal mungkin, disadari atau tidak disadari.. karena kalo udah biasa melakukan sesuatu, sekalipun itu awalnya sangat salah, tp klo kebiasaan kan jadi lupa kalo itu salah..

ya sudah, pokoknya niatnya sekarang ami mau belajar.. mau belajar banyak.. nda pa pa awal2nya ‘it’s so damn hard’ ato ‘it’s so damn tiring’.. tapi pokoknya harus bisa semua.. udah terjun di satu bidang kok.. sekalian aja ditotalin.. tapi mau bisa semua.. dari coding, analisis, manajemen, dokumentasi, administrasi, keuangan, pengalaman hidup dan leadership.. supaya bisa lebih baek lagi ke depannya.. supaya bisa membantu lebih banyak lagi, baik diri sendiri, maupun orang lain.. n yang jelas supaya mempermudah diri sendiri ke depannya.. oiya, supaya mengurangi menyusahkan orang laen😦.. dan terakhir, supaya nda jadi salah satu yg tersebut di atas.. klo semua mua bisa, hidup bisa lebih mudah kan.. penghasilan jg akan mengikuti kok.. amiiin..

Haruus Semangaaat!!! Allah selalu menemani kok.. pasti bisaa..!!

6 thoughts on “Orang2 Dunia Proyek yang Jahatnya Nggak Kira-Kira..

  1. duh, mee.. tulisanmu ini bikin gw emosi aja.. emosi pengen nampolin orang-orang jahat itu, terutama PM belagu yg bego n koruptor yg brengbreng sekali..😄 hahaha..

    semoga di proyek-proyek selanjutnya jauh dari orang-orang jahat di atas deh.. ^_^

    *lucky me, dunia kerjaku sekarang bukan di bidang software development yg rawan “dijahatin” seperti di atas^^’

  2. Mau nonton siaran TV lebih dari 3.5000 chanel tanpa harus berlangganan TV cable dan bayar biaya pemasangan?Cukup sekali download softwarenya di SINI
    Dan nikmati siaran dari seluruh penjuru dunia GRATIS !!!! Setiap hari!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s