Cigarette, Boys, and Girls

Isu ini.. selalu saja jadi isu di kehidupanku.. hehehe.. Cigarette and Smoking.. Memang duo ini sangat kontroversial.. Produknya jadi salah satu pemasukan negara besar buat pajaknya.. Kegiatannya jadi kegiatan unik perpaduan fun, joy, selfish, and suicidal activity😀.. mau ditiadakan, liat aja pasti keliatan menurunnya pendapatan negara.. mau diadakan,, nda ada udahnya kontroversinya..

Nah ini bentuk pernyataan sikap ami klo liat cowok ngerokok, seiring perkembangan zaman (halah2 kata2nya)
duluuuuu : “udah gila ya ngerokok depan aku”
duluuuu : “egois, dia enak, aku mual”
duluuu : “sedih :(”
duluu : “aduh mas2nya ganteng2 gayanya kayak bapak2 supir truk n angkot”
dulu : “ya udah deh nda pa pa😦 capek emosi n kesel.. paling nanti kukasih tagihan check up paru2”
sekarang: “terserah kalian mau gimana.. asal jangan deket ak aja :)”
nanti: “sini sini sini,, bareng aku” (jarang kan ngerokok bareng cewek punya flek paru2 n jilbaban.. nda kok.. nda tega ma diri sendiri n yg liat juga.. hehehe..)

Tuh kan keliatan penurunan prinsipnya😦 seiring dengan meningkatnya toleransi.. tapi setoleransinya sekalipun ada titik dimana emang badannya nggak kuat.. entah itu sesek nafas mendadak, batuk2, ato pusing n mual.. jadi jadi jadi.. buat siapapun, hmm,, klo mau dibilang itu hak, silahkan.. itu menyenangkan buat kalian, silahkan.. selama nggak mengganggu hak orang lain untuk memperoleh kebutuhan paling dasar manusia, yaitu bernafas.. buat orang2 yang penting dan kusayangi yang ada di kehidupanku.. disini ak nggak bakalan ngelarang.. udah capek jg sedih, nyindir, ngelarang, nggak suka, ato segala macem perbuatan n sikap semi negatif lainnya.. yang ada makin kesini bukan takut akunya yang sakit lagi, cuma prihatin n ketakutan klo orangnya yg ngerokok itu sa kit, mungkin nda sekarang, tapi nanti😦.. .. so please,, this is for u now,, not for me..🙂 berenti emang susah, tp dikurangi pelan2 yah yah.. buat nanti di masa tua juga, at least, berkurang satu kemungkinan penyakitnya.. hehehe..

Lanjuuut ke topik berikutnya..

Hei Girl, you’re better than this,, really..

Entah habit ini mulai kapan jadi in di kalangan para wanita.. Bandung n Jakarta mungkin.. karena sejauh ini masih jarang lihat kalo di kota laen (yg emang sample-nya cuma Yogya :p).. Itu lho merokok.. Walaupun aku sampai detik ini masih belum bisa ngertiin alesan orang ngerokok, tapi untuk aktivitas yang satu ini, jika dilakukan para pria entah kenapa aku masih bisa bilang wajar.. tapi tapi tapi.. klo wanita.. cuma bisa bengong2.. lho kok..

Pada suatu hari,,
“Eh mbanya ngerokok..”
“Iya ih..”
“Cowok suka nda sih cewek ngerokok?”
“Nggak,, kesannya gimanaa gitu..” (maaf perlu disensor kata-katanya krn ckp merendahkan wanita tsb)
“Ah licik.. klo cowok boleh,, cewek nggak..”

Percakapan seperti ini terjadi beberapa kali.. melibatkan cowok yang ngerokok juga.. jadilah aku punya mindset kalo cewek yg ngerokok itu terkesan ******* (ya itu tadi.. kata2 yg cukup merendahkan wanita,, walopun mungkin nggak sebenarnya.. maaf ya mba mba..) ada yg bilang, mungkin yg cowok merasa kalah kali klo ceweknya jg ngerokok, makanya nda suka.. halah halaah.. kok untuk sesuatu yg menyakiti diri sendiri n orang laen malah lomba..

Justru tentang cewek ngerokok ini sih yang membuatki ingin mengangkat isu tentang merokok lagi.. klo ke cowok paling banter kesel trus klo udah selesai, ya keselnya udah juga.. tapi klo cewek, akunya sakit hati malahan cm dengan ngeliat doang, tambah sakit hati klo sampe sesek karena mbanya kedeketan ma aku ngerokoknya.. mulai deh semua pikiran buruk tumplek blek jadi satu cm dengan ngeliat activity satu itu dilakukan ma cewek..

Pada suatu hari, datanglah ami ke ngopdul buat ngerjain kerjaan n ketemuan ma temen2.. trus trus trus melihat2 ke sekeliling..  sekitarnyaa ada mas2 tp sibuk dengan laptop semua n nda ado asbak.. sebelahnya mba mba super dandanan n lg sibuk BB-an.. oke,, clear.. duduk disitu ajah.. lagi tenang2nya internetan n nunggu.. tiba2.. “heee.. ini asep ngepul deket banget drmana..” reflek kan ya liat ke sisi dimana mas2 yg duduk.. eh itu nda ngapa2in.. eh mas yg itu jg masih makan.. n pindah pandangan ke sisi dimana mbanya duduk.. cm beberapa centi dr aku.. haaaaa.. mbanyaa yg ngerokok >.<.. ya ampuun.. salah perkiraan saya.. karena jarak yg terlalu deket itulah, asep yg ke aku jd sampe kayak kabut.. dan refleklah tangannya ngibas2in udara di depan mukaku, slaen sesek, ya emang berkabut itu.. trus mensadarlah aku klo mas2 managernya ngopdul ngeliatin aku.. lha ya emang sesek, mo gimana lagi.. trus dia balik ngeliatin ke mba nya.. dan ternyata ternyata.. mbanya ntah client tetep ato malah yg punya kali,, smua staf ngopdulnya malah memperlakukan kayak ratu..😦 yaah kalah deh aku.. untunglah ntah dapet inspirasi dari mana si mba.. ato mungkin juga gerah karena ngeliatin aku bolak2 pindah posisi duduk cm buat ngindarin asepnya.. mbanya pindah duduk.. jauuh pula.. horeee.. hidup kembali aman terkendali..

Di saat2 pindah2 posisi duduk n mual2 nyium asep rokoknya si mba,, di otaak dah segala macem pikiran buruk ada,, yg jelas nda bakalan ada klo aja dia nda ngerokok..
“ih menor.. bukannya cantik, malah jelek”
“ih BBan all the time.. kayak alay aja..”
“ih ketat bajunya padahal badannya nda mendukung” (aduh aduh yg ini bener2 maap, maen fisik gini..)
“ih jeleek”
“ih she’s being stood up,, pasangan date nya nda dateng2”
yah sekitar itu lah.. jelek kan ami pikirannya..😦

Nah yang ini pikiran seblom mbanya ngerokok..
“waduh mbanya.. cling clingnyaa”

Ini baru di otak satu orang ami doang.. gimana di mata banyak orang lainnya.. tambah buruk lah kesan si mba di suatu komunitas kan kan ya.. walopun 1 komunitas nda semuanya konvensional kayak aku..
Tapi secara garis besar ya begitulah.. mba mbo ya nggak usah,, kasian kmunya dipandang aneh2 ma orang laen.. blom kaloo yg bapak2 n ibu2 tua yg liat, shock pasti mereka liat perkembangan jaman yg justru lebih cocok disebut penurunan zaman, karena bukannya makin cerdas tp makin bodoh aja memilih pilihan sikap dalam hidup.. nda cm mba2nya.. yg laen mungkin juga.. kmu.. aku,, diri sendiri juga pasti banyak melakukan kegiatan2 bukan membangun tp menurunkan peradaban perlahan😦 (nggak segitunya jg sih :p)

Yuk ah sama2 intropeksi buat lebih baek n sayang ke diri sendiri.. sama kok.. selain merokok banyak juga habit buruk yg merusak kesehatan.. ya masing2 aja pasti tau apa yg bakalan bikin sakit ke diri sendiri.. sama kok.. aku jg punya banyak.. lebih terkait k pola makan sih.. susah emang ngubahnya.. tp ya itu, niatin aja dulu.. trus pelan2.. trus balik lg habitnya.. trus pelan2 lagi.. trus balik lagi.. trus pelan2 lagi.. trus mencepat.. trus ilang deh habit buruknya.. amiin..🙂

Semangat n sehat selalu ya teman..

3 thoughts on “Cigarette, Boys, and Girls

  1. aku si ga ngerokok, temen skantor juga yang ngerokok cm 1-2 orang..tp temen2 nongkrong nih ngerokok semua..selama ini si ga terlalu geganggu udah biasa kena asap rokok (¬_¬”)
    klo pandanganku mengenai cewe ngerokok, emmm, gmn ya..yah jujur si, mandangnya jadi sedikit merendahkan, hehehe..

  2. jujur, saya jg masih memandang “gimana-gitu” kalo ada cewek ngerokok,,
    tp jadi sedikit berubah gr2 denger pengalaman seorang ibu,,
    dia orang indonesia tp prnh tinggal di luar negeri,, nah pas musim dingin bibir-mulut-gigi tu bergetar terus,, buat meredam itu biasanya ngunyah permen karet,, tp dia ga doyan permen karet, karena itulah dia butuh ngerokok,,
    sampe skrg, saat dia sudah di indonesia lagi, kebiasaan ngerokok itu ga bs ilang,, yasudah ngerokoklah dia,, dan ternyata rokoknya pun bukan rokok biasa, dia pake rokok herbal (iya jg sih, skrg rokok macem2, ada rokok elektrik jg),,
    perkembangan jaman memang memberikan perubahan banyak di berbagai hal, baek positif maupun negatif,,
    just keep positive thinking😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s