Hypnosis

If only I can get amnesia, permanently, whatever the way is..

Aku tulis ini di status ym, n ternyata yg mengharapkan hal serupa banyak.. hohoho.. sampe ada yg menyarankan terapi khusus supaya bisa lupa.. Pada saat itulah, aku diperkenalkan dengan istilah yang namanya hypnotherapy.. oiya, tulisan ini masih satu topik dengan tulisan tentang ElectroConvulsive Therapy yaitu buat lupa lupa lupaa..😀

Hypnosis
Awalnya dapet ide dari temen tentang hypnotherapy, sebagai salah satu terapi buat lupa.. hehehe..😀 ternyata terkait terapi ini, para ahlinya menyebutnya dengan hypnosis.. kurang tau deh bedanya apa.. Nah berikut ini ak coba jelasin apa itu hypnosis dari hasil baca-baca..

Hypnosis merupakan alat yang dapat membantu kita untuk memperoleh perubahan yang kuat dan sehat terkait pemikiran kita.. Sasaran utama dari terapi ini adalah emosi dan tingkat depresi seseorang.. Sehingga sebenarnya lebih baik menggunakan terapi  ini bukan untuk menghapus pikiran kita tentang sumber depresi kita tetapi mengingatkan kembali untuk menyayangi diri kita sendiri.. Konsep ini memang klise dan klasik.. Tapi penerapannya yang sulit..

Begini, sebenarnya jauh di dalam diri kita pasti tau konsep-konsep yang benar tentang hidup dan bagaimana menyikapi sesuatu, tapi terkadang dalam kondisi sadar maupun tidak diri kita selalu mencoba menganalisa suatu keadaan.. Tapi hasil analisa itu yang nggak selalu benar.. Misal kita lagi stress, trus aja masalah dateng tanpa ada waktu buat tenang barang sebentar,, pikiran kita akan secara nggak sadar menyimpulkan: “ini kayaknya emang ditakdirkan hidup susah deh”.. atau “ini kayaknya emang nggak bakalan bisa bahagia lagi deh”.. Nah, terapi hypnosis inilah yang dapat membantu meluruskan kembali analisis kita terhadap suatu kondisi yang membuat depresi..

Cara kerja hypnosis sebenarnya sederhana, yaitu cobalah mengistirahatkan pikiran kita sampai kondisi yang benar-benar rileks dan benar-benar fokus (agak2 susah jg sebenernya saya membanyangkannya).. Di saat inilah, si terapist nya memberikan ide-ide tertentu pada kondisi setengah sadar kita.. Pada kondisi ini, pikiran sadar kita akan berada dalam kondisi tenang, dan tidak dalam kondisi siap menilai atau melawan ide-ide yang dikatakan oleh sang terapist.. Tapi tetep, ide-ide yang dimasukkan ke pikiran kita pada saat terapi hipnotis juga nggak bisa sembarangan.. biasanya ide-ide yang diberikan adalah konsep umum dan benar.. karena sebenarnya pada terapi hypnosis ini tidak bisa membuat si pasien berpikir melawan nurani dan cara berpikir mendasar si pasien ini.. misal, si terapist mengatakan “kamu harus lupa.. lupa sama sekali seakan tidak pernah terjadi apapun..”..  nah ini kan melawan cara kerja otak.. otak pasti akan inget, sesedikit apapun itu..

Jadi kesimpulannya, hypnosis ini lebih sehat lah dalam mengatasi depresi ataupun keinginan untuk lupaa.. untuk solusi yang selanjutnya lebih instan n kurang sehat dalam mengatasi masalah depresi n lupa ini..
(Sumber bacaan: http://ezinearticles.com/)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s