Hiiih… Perang melawan virus..

–Sekarang–
Finally,, leptopku cantik lagi.. tp jadi bodo karena hilang banyak ingatan dia..
Termasuk ingatan selama kuliah di ITB.. hiks2…

–Beberapa hari sebelumnya–
Semua bermula kayaknya pas aku pulang ke yogya deh..
Leptop jadi aneh,, tiba2 banyak yg corrupt.. terutama sistem32 nya..
Taunya si antivirus ngapusin .exe di system32 ku..
Ya ampuuun.. antivirus bodoh..
Ya udah, ganti antivirus deh..
Ternyata sama aja..
Ya udah, instal ulang windows sekalian..
Trus kayak gitu lagi..
Bahkan even worse, login aja gagal..
Sekali berhasil login, explorer n task managernya dimatiin sama windowsnya..
Lhaa.. mau ngapain ini coba klo explorer aja nggak jalan..
Syedihna..

Berbagai macem diagnosis diambil..
Mulai dari antivirusnya odong2.. padahal dah pake 3 yg beda..
Trus installer windowsnya yg corrupt.. tp kok ya di cd bisa corrupt..

Sampe akhirnya muncul ide dari temen “virusnya di D kali, jd tetep aja kambuh lg skalipun instal ulang windows di C”..
(FYI: ak ngepartisi HD jadi 2, C dan D)

Hoooow… iya yah..
Akhirnya nyalain antivirus lagi buat nge-scan si D..
Tapi matiin tu antivirus supaya nggak bisa nge-scan si C..
Trus barulah ketemu trojan nempel di file html dan php..
Sampe ribuan.. hiks2.. itu kenang2an jaman kuliah.. masa iya kudeletin..
Akhirnya dengan gigih, ngecek pelan2.. satu2..
file2 html yg lg dipake discan.. trus diliat scriptnya satu2..

ternyata bener.. ada tambahan beberapa line yg ak ngerasa nggak pernah bikin.. Ini lho tambahannya:
“<ifr*me src=”h*tp://ZieF.pl/ir*q.jpg” wid*h=1 height=1 sty*e=”border:0″>*</ifra*e>”
(maaf dibintang2.. tkt ada apa2 soale.. hehehe..)
N di semua file yg dianggep trojan ada tambahan line itu..
Oh iya, trojannya namanya HTML/Infected.WebPage.Gen.. discan pake Avira..
Nah, aku heroik lho.. puluhan file yg lagi dipake sekarang2 ini diopen satu2 pake notepad++..
Trus tambahan line yg isinya trojan itu ak apusin..
Cuma nggak kuat kalo sampe ribuan..

Mana nggak bisa direpair ato diheal.. eh bisa ding, ya itu tadi, manual ngapus2in di scriptnya..
Ya udah, akhirnya ribuan file lainnya aku relakan..

Nah itu trojan penyebab kerusakan 1..
Trus ak nemu lg biang yg ngilangin .exe ku sampe2 .exe di system32..
Namanya Win32/Virut.gen.. ini jg sama ajah.. nggak bisa di heal or repair..
Trus aku scan lagi smua2 di D..
Eh.. eh.. taunya dia nempel di beberapa instalerku.. ya Ampuuun…
Ini nih yg bikin windowsku korup2 walopun instal ulang berkali2..
Pokoknya itu virus nempel di beberapa instaler yg ukurannya nggak gede n smua keygen (pesan moral: emang nggak boleh ya ngebajak..hehehe)

Ya gitu deh.. akhirnya dengan cara super destruktif.. format ulang semua partisi hardisk.. baru instal ulang windows.. trus scan lg sampe bersih HD eksternal yg buat ngebackup..ย  Dan.. cantik lagi deh itu leptop.. Yah dengan efek samping kehilangan banyak hal jg.. Tapi tak ape lah..ย  Yang penting hati tenang karena nggak nularin virus ke orang..

Ya udah.. segitu aja ah.. mo bobo.. capek aku berminggu2 begadang ngurusin leptop..

8 thoughts on “Hiiih… Perang melawan virus..

  1. walahhh,,amii,, ternyata selama ini susah d hubungi masih perang ma virus to??

    mau ga kena virus??
    ga usah punya barang2 yang berhubungan ma komputer aj,,
    hehehe cm bercanda,,

    untung lupie ku blm pernah kena virus,,
    n data selalu d backup d 2 komputer,,
    klo 22na kena virus ya nangis ak,,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s