Mengenang Masa Lalu

Nggak terasa dah 4 taon kuliah di ITB.. trus liat anak2 yg USM dan SPMB.. jd inget masa lalu.. mau mengenang dikit ah jaman2 itu.. jaman2 susah (halah, sekarang lbh susah..).. jaman masih muda.. holoh..holoh,, ya sudah, dimulai ajah..

..Informatika ITB..
pertama kali denger pas ak SD.. diawali dr bapak..

“ami, ntar masuk informatika ITB aja yah”
“yaa..”

iya2 ajah dl mah.. mana tau.. SD gitu.. udah gitu nggak punya kenalan yg di ITB.. informatika apaan aja ak nggak ngerti..

SD berlalu.. masuk SMP.. ketemu temen2 yg satu tujuan..

“eh, eh, kalian mau masuk mana ntar pas kuliah??”
“informatika ITB deh kayaknya”..
“bagus kayaknya..”

nah klo pas SMP dah agak cerdas dikit.. informatika tentang komputer gitu kan… hmmm…

masuk SMA kelas 1..
eh ada papan passing grade tuh buat anak kelas 3 yg mau ujian.. liat2 ah..
“hmm.. KU UGM.. waaah tingginya..”
“KU UI… apalagi.. ya ampuun..”
tinggi2 yah.. bisa nggak ya aku.. oh iya, kenapa nggak liat informatika ITB..
“hmmm.. ITB.. hmm.. informatika” (sambil nelusurin pake jari.. dan…)
“hah!!!!… tingginyaaa..” shock.. tp tunggu dl..
“lho.. kok paling tinggi.. kok lbh tinggi dari KU.. huaaa…” merasa tertipu..
pas pulang sekolah n ketemu bapak langsung ngamuk2..
“bapak, kok informatika ITB paling tinggi sih passing gradenya?? apa2an..”
“lho.. emang kan,,”
“aaah.. nggak bilang dulu.. kirain biasa aja.. dah terlanjur pengen kan.. uuuhhh..”
“belajar makanya..”
“nggak bisa.. ketinggian.. masa Kedokteran Umum aja kalah gede..”
Dah.. berenti dulu kisah masa SMA-nya.. tp untung tau saat itu sih..
Si Ami kecil nggak disangka2 langsung belajar.. percaya nggak sodara2.. Ami kecil sampe ngumpulin soal2 anak kelas 3 buat belajar.. padahal masih kelas 1..

Trus, pindahlah Ami ke Yogya..
Di Yogya kaget.. pinter2 semua.. piyee iki.. (udah bisa gitu ngomong jawa pas itu? hihihi)
Nah, dikembalikan lg ke bumi ya pas di SMA Yogya itu.. yg jaman di Kalimantan nilainya mesti bagus.. di Yogya, dapet nilai 3 dari skala 100 pun bisa..😦
trus sampe lah kita ke masa2 mikirin mau kuliah dimana..
ya iyalah semua orang pengen ke UGM, dah kayak naek kelas aja klo dari sekolahku.. bingung.. nggak punya temen.. ya sudah, jalani aja kehidupan.. temen2 tau ak pengen ke ITB, tp tampak tidak diseriusin ma mereka.. secara,, rankingpun amburadul.. gimana bisa.. yg mau masuk KU UGM n rangking2 atas ajah suka ngga lulus klo try out ngambil informatika ITB..

Oh iya,,, ada cerita sampingan..
Mulai macem2 keinginan bapak n ibu pas dah pindah ke Yogya n deket ma UGM (emang aneh ya?? hehehe.. kayaknya wajar deh semua ortu pengen anaknya ad yg jd dokter..)..
mulai didoktrin..

“mi, ambil kedokteran umum yah..”
“haah??? nggak.. susah..”
“masa anak ibu bapak nggak ada yg dokter..”
“si sarah ato si mira aja tuh yg disuruh,, ak nggak mau..”
“kenapa?”
“ceroboh bapak.. pasti ntar bakalan malpraktek ninggalin gunting di perut pasien pas operasi”
“yah, kan klo dah jadi dokter beneran, sifat itu bisa ilang dikit2..”
“nggak mau..”
“dicoba dulu..”
“nggak.. nggak bisa ngapal juga..mau jd apa aku..lupa semua ntar nama penyakitnya..”
“sarah aja tuh, rajin…”
“dia mau masuk ITB juga, teknik industri katanya..” huahahaha.. berhasil adekku terdoktrin..
“ya udah mira ajah..” adekku yg paling kecil..
“ya udah.. mir, jd dokter ya ntar..”

hihihi.. asal tau aja, mira, adekku pas itu masih kelas 1 SD.. iyah iyah ajah jadinya.. tanpa perlawanan.. hihihi.. klo si sarah dah bisa membelot kayak kakaknya.. tp akhir2 ini pun bapak menyerah,, pas nelpon ngasih tau..
“mi, si mira mau di ITB juga”.. hihihi.. like older like younger.

Yah, kembali ke cerita utama..
Mulai deh ikut try out dimana2..
pilihan pertama: Informatika ITB.. kedua: kedokteran UGM.. yah nggak lulus lah.. tp seiring waktu.. pilihan pertamanya tetep.. pilihan kedua ganti2.. KU UGM lah, KU UI lah.. ILKOM UGM lah.. n akhirnya bisa aja lulus.. hore hore.. pilihan 2 tapi😦
Lama2 kebal.. bodo amat nggak pernah lulus try out pilihan pertama..
Trus ada UM UGM.. karena smua pada ikutan, ak juga.. fiuh.. keterima juga di ilkom UGM.. tapiii… kok bayar??? waduh, gimana nih.. mulailah ada konflik keluarga..

“udah, diambil aja UGMnya mi..”
“iya diambil, tp mau nyoba SPMB ITB juga”
“udah, kuliah disini ajah.. keluar uang lagi.. buat biaya kos, makan, bla bla..”
“pokoknya nggak mau.. mau coba dl.. sapa yg dulu nyuruh ke informatika ITB??” (mulai durhaka pada saat itu..)
“ya kan sebelom pindah ke Yogya dan ada pilihan lain..”
“nggak mau.. pokoknya mau nyoba dulu…”

Akhirnya bayar ke UGM deh.. :(( sampe sekarang sama Bapak nyebutnya ‘Try Out seharga 10 juta’

Akhirnya dengan ngototnya ikut SPMB.. untungnya walopun separo2 nggak setuju si Bapak tetep ngedukung.. Ami kecil rajin.. bangun subuh.. trus belajar.. di kelaspun belajar buat SPMB,, ngerjain soal2 dari buku segede2 gaban itu lhoo.. alhasil, rankingnya tambah drop gara2 nggak pernah ngedengerin guru ngomong di kelas.. kan katanya materi kelas 3 semester 2 nggak keluar di SPMB, buat apa dipelajari..

Menjelang SPMB,, dah mulai bandel.. dikala semua orang lg rajin2nya bimbel, si Ami malah maen, ngobrol di kelas.. klo nggak bolos.. kabur.. awalnya diem2.. lama2 dengan bangganya malah ngaku ke ortu klo bolos (emang penjahat..).. dah nggak belajar lg jaman2 itu..

Entah kenapa saat itu ak sering ngebayangin diri sendiri jalan di kampus ITB.. tentunya dengan gambaran super ngarang tentang ITB, liat aja belom pernah.. hwehehehe,,
“Aku emang udah seharusnya disana..”

Pas jaman SPMB..
Yup.. pilihan 1 informatika ITB.. pilihan 2.. hmm.. sepakat ma ortu, nggak usah diisi.. daripada nggak sesuai keinginan…

Pas pengumuman.. yg heboh orang rumah n temen2..
Aminya nyante2 aja maen, baca komik, nonton TV..

“Ami, udah keluar tuh..”
“Iyah.. ntar aja ah,, di koran jg ada..”
“ke warnet yuk liat di internet,,”
“males ah pak,,”

saat entah knapa ak sangat tenang.. entah nothing to lose (dah ada UGM).. ntah yakin dah keterima.. akhirnya temen deketku nelpon..

“ami.. nomer ujianmu berapa? sini kuliatin..”
“xxxxxxxxxx” (lupaa😀 )
“eh keterima nih.. tunggu ak liat dl keterima dimana..”
aku sih diem2 aja sambil senyum2… lha cm satu pilihan kok.. pasti disitu lah..
“hah.. keterima di informatika ITB.. curaaang..”
“lho.. lho,,”
“udah,, nggak usah diambil aja yah.. bareng ak aja di ilkom UGM”
“hahahaha”
“yah mii..”
“hmmmmm” (masa iya nggak diambil..aku kok bingung..)

Pelajaran buat adek2 yg belom ikut SPMB or ujian masuk lainnya..
Aku ikutan try out dari kelas 2 SMA.. nggak pernah satu kalipun lulus..
Tapi jangan putus asa ya.. karena yg dibutuhin tuh lulus pas ujian masuknya kan yah?
Yang nyerah banyak.. yg nggak PD banyak.. tp untuk yg kemampuannya pas2an macam ak, nekat dikit boleh lah.. hohohoho…

mulailah rame di rumah..
“mi, jangan cerita2 yah.. ntar rame di kantor.. kan nggak enak”
“ya mau cerita ke siapa coba..masa laporan ke temen2nya ibu bapak” ada2 aja deh..

tp nggak langsung mulus sampe situ.. ibu masih keukeuh nyuruh di Yogya..
saat2 itu jd saat dimana ak bener2 nggak mau ngedengerin omongan orang lain, termasuk ortu.. aku dah punya pilihan.. aku mau kuliah di Bandung.. apapun yg terjadi.. walopun temen2 ak nggak ada yg yakin ak bakal bisa lulus SPMB.. walopun Ibu jg ngelarang2.. tp nekat ajah..

“ntar ngekos sendirian”
“biarin.. udah gede..”
“ntar uang ongkosnya gede”
“pokoknya mau di Bandung,,”
“UGMnya sayang ditinggalin..”
“uuhh…”

akhirnya dibolehin.. tp dengan sumbangan 0 rupiah.. bapak ibu dah nggak mau keluar uang lagi buat masuk ITB.. untung bisa.. fiuhh..

“dah, bayarnya di UGM.. kuliahnya di ITB.. sama2 negeri ini..”
“iyaa..”
“pokoknya sumbangannya nol”
“emang boleh?? kan mampu???” (ngebayangin birokrasi yg ampun2an buat minta keringanan)
“pokoknya nggak mau keluar uang lagi..”
“iyaaa…” (untungnya ITB baek,, boleh nol tanpa syarat..)

yah.. mulai deh menjalani kehidupan jadi mahasiswa di bandung..
kadang bersyukur.. belajar lebih banyak dengan jd anak kos.. apa2 sendiri.. nyuci.. nyeterika.. ngurus diri sendiri.. tp itu dulu sodara2.. pas tingkat satu.. hahaha..
tingkat 4 dapet kosan nyaman.. n.. ada bibiiiii.. horeeee… tinggal makan n tidur doang.. murah meriah..

inget dulu.. bangga bener pas baru masuk ITB.. tp nggak lama.. 6 bulan kemudian dah mulai pesimis, minder,, nggak ada bangga2an lagi.. sampe sekarang.. semuanya biasa ajah.. sampe pas mau lulus ini..
aku..
bakalan jadi S.T.. lulusan ITB.. amiiiin..

dulu.. harus ngedengerin kata2 “woow” ato “hebaat” ato “jurusan apa” n “wooow” lagi n “pinter dong”…
cm bisa senyum klo gitu.. emang, anak ITB tuh pinter2.. tp nggak semua… hmm.. okey.. sebagian lah pinter..
n sisanya ya yg beruntung.. hehehe.. including me..

bagi aku.. ini tuh hadiah dari Allah buat aku.. keberuntungan terbesar aku.. ak sadar ak nggak se-wooow yg dikatakan orang2 luar yg ngajak ngobrol.. biasa ajah malahan..

last,, makasih ya Allah.. selangkah lagi.. lulus deh dari kampus gajah tersayang ini.. yg bikin susah jaman SMA.. yg bikin stress jaman kuliah.. yg bikin nangis2 n mau nyerah aja.. yg ngasih kenalan n temen2 baru.. n yg mempertemukan aku dengan dia..😉

5 thoughts on “Mengenang Masa Lalu

  1. Kalimat terakhirnya so sweet banget…
    “n yg mempertemukan aku dengan dia..”

    BTW, mungkin ceritanya beda 180 derajat, soalnya saya begitu tau ada jalur khusus USM buat anak olimpiade, jadi males2an belajar… Peringkat Try Out saya, yang awalnya termasuk jajaran teratas, makin lama makin jeblok malahan… Beda banget yaa… Dan pas masuk pun, perasaan bangganya mungkin gak tinggi2 banget, malah kerasa biasa banget… Gatau kenapa😀

  2. Wogh, kebailkan Kak,.. aku tiap try out pilihan I KU UI, pilihan II KU Undip,.. trus nyoba ikut USM dan pas keterima lgsg stres mau ngelepas ga boleh,soalnya klo spmb ntar ga keterima gmn,..
    Ya sudah lah,..
    he3x,..

  3. wah klo aq punya pikiran masuk IF pas kls 3 sma,, dari situ jg baru mulai rajin blj hahaha,,, awalnya malas2an :p…
    tapi gara2 rajin blj pas skolah jadinya setelah lulus sma,, dah mulai kendur belajar,, tapi anehnya biar gk blj ikt tryoutnya GO di bdg lolos jg,, tapi gk pernah tembus jg di sony sugema,,, trus habis itu ikt USM dgn hanya 1 pilihan😛 IF awalnya krn nyobain jg,, eh sama ma amir setelah lulus dilarang lepasin😛,,, pdhl awalnya merasa gk ikhlas menghabiskan uang ortu dalam sekali masuk >_<… hehehe tapi setelah diputuskan diambil,,, jadi nyantai seperti zakka dan merasa gk spesial hahaha…

  4. hohoho…
    ga bisa ngomong apa2, masuk IF kayak kejebak, awalnya ikutan ya gara2 dah dibeli formulir usm nya sama si om, ya udah ikut tesnya eh keterima, pas mau spmb ga boleh, di ugm juga dulu lulus teknik kimia, emang dulu suka banget ama yang namanya kimia, sekarang di informatika cuma jadi orang yang menghabiskan 4 tahun dengan sia2, wong ga suka, belajar ya dipaksa daripada ga lulus, sekarang lagi berusaha lulus dari ITB, semoga wisuda oktober 2008 amin amin, semoga tahun2 kedepan bisa lebih baik, hehe..kok malah curhat :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s