Cerita tentang Bibi

Cerita tentang Bibi

“Bibiiiiiiii”…
“Bibi, lapeeer..”
“Bibi, mau air…”
“Bibi, masak apa hari ini?”
“Bibi, kerudungku dah kering blom ya?”
He he he… sapaan rutin klo ketemu bibi di pagi hari,,

Oh iya, perkenalan dulu.. Bibi itu wanita heroik yg ngurusin anak2 sekosan aku.. Yah, seberat apa kerjaannya? Bayangin aja ngurusin 7 orang anak yang tingkat kemanjaan dan malasnya kurang lebih sama kayak aku .. he he he…
Bibi yang nyuciin, masakin, n ngurusin kita semua.. kenapa ngurusin? karena di luar jobdescnya yg cuma nyuci, nyeterika, n masak, Bibi mau diminta tolongin macem2.. Bibi nggak pernah ngeluh soal kerjaan.. Padahal buanyak banget…
(maap ya Bi..)

“Bibi,,, hmm.. punten beliin ini.. maap yah ngerepotin..”
“Aduuh neng, buat neng mah nggak akan repot,,”
“makasih ya bi” huhuhu.. terharuuu

Inget Si Ibu dengan sinisnya..
“Bu, di kosan sekarang ada bibi.. enak deh.. diurusin..”
“Umurnya berapa?”
“Seumuran Ibu palingan”
“Pasti bibi kurus” (padahal biasanya yg seumuran Ibu kan agak gendhut)
“Kok ibu tau sih..”
“Ya pasti kalian kerjain mlulu.. jadi capek bibinya.. nggak bisa gendut..”
“Nggak kok.. Ibu gitu,,, -__-”

Nah, aku sering masak2 ma bibi… pas masak sambil cerita2..
Lucu deh si Bibi klo ngambek..
“Ih,, si tukang sayurnya bodoh amat sih, beli bawang 1000 nggak boleh, kan tetep untung padahal”
“Hua ha ha ha… sabar bii..”

“ni neng, masa beli bakso 5000 cuma dapet segini, tukangnya pelit..”
“waduh,, bibi ketularan.. suka memaki2 gini..”

“Bibi, sama anak kosan lain deket ma anak2nya juga ya kayak disini?” (Bibi kerja juga di tempat lain)
“Itu neng, si neng xxxxx, masa kayak gini… kan bibi sebel..”
(waduh, bibi ketularan jadi suka ngegosip..)

Nah yg banyak belajar klo bibi cerita ttg kehidupannya..
“Neng, maen yuk ke gubuk bibi,, si neng kan belom pernah”
“iyaa bi.. mauu.. ke rumah bibi kan maksudnya.. segala dibilang gubuk”
Saat itu nganggep bibi cm merendah doang.. ternyata..oh ternyata..
Pas maen ke tempat bibi.. rumah bibi kuecil mungil banget… kayak 1 kamar bukan 1 rumah.. sampe kaget..

“Neng, kalo bibi tidur, suka ada tikus lewat di atas badan bibi”
“hiiiiy… boong.. masa sih?”
“iya beneran.. lha bibi kan tidurnya di bawah sama bapak.. yang dikasur anak aja.. kasian..”
Hiks hiks.. sedih ngedengernya… padahal anak bibi dah SMA.. tp Bibi n suami tetep aja heroik ngasih yang terbaik buat si anak..

Pernah bibi bolos kerja,, nggak biasa2nya nih.. mulai was2.. apa bibi sakit.. trus pas besoknya dateng..
“Bibiiiiii… kemana kemaren??? sakit ya?”
“Nggak neng, ngebantuin bapak nguruk WC” (nah lho.. kerjaan cowok kan tuh)
“Masih rusak ya WCna?”
“Iyaa.. lha dipake 4 rumah kok 1 WC”
“Haaaaaa,,, ya ampyuuun..”
“Bibi ngangkatin pasir seharian”
“Bibi kasian amat sih..”

Belajar juga pas bibi cerita ttg anaknya..
“Si Beni (nama anak bibi) mau beli tas neng.. nyicil2 gitu.. harganya 60ribu”
“Ohh..”
“Bayarnya tiap minggu, temennya orang tuanya baek.. jd jual murah n boleh nyicil..”
“tiap minggu gitu ya? mang berapa cicilannya”
“2000 atau terserah anaknya”
Dua ribu rupiah per minggu… kapan coba selese itu cicilan.. nggak kebayang sebelumnya detail kehidupan yang seperti ini..
“Si Beni baek neng, dia nabung sendiri.. jadi nggak minta uang lagi buat beli tas” (tertohok.. jleb.. jleb…)
“Emang uang jajannya sehari berapa bi?”
“tiga ribu kadang2 dikasih dua ribu.. suka komplen sih klo dikasih dua ribu..”
“hah?? jajan apa coba segitu bibi?” (3000 guys.. temennya adekku yang SD aja bisa ngasih 15ribu ke adekku dengan suka rela dari uang jajannya.. dunia.. dunia,,,)
“suka disimpen neng, dia nggak mau jajan klo di sekolah.. jadi ditabung uangnya..”
“Baek ya si beni”
Tertohok beribu2 panah…

Ada lagi cerita tentang suaminya Bibi..
“neng, si bapak dah selese kerjaannya minggu depan..” (suaminya bibi tukang bangunan)
“ooh.. trus?”
“ya ngganggur lagi dulu..”
“oh iya, nunggu ada panggilan lagi ya,,”
“jadi pemasukan dari bibi doang.. mana harus benerin WC..”
“jadi iriit lagi ya bi ya..”
Tapi yang aku suka, Bibi bangga sama suaminya.. walopun keuangan keluarga bibi yang menopang, tapi nggak pernah ngeluh.. belajar dari Bibi gimana harus selalu ngedampingin suami.. susah maupun senang…

“Neng, klo neng nanti dah pada sukses, trus beli rumah kos2an di Cisitu.. Bibi mau ngejagain.. trus Bibi jualan mie gitu.. kan gampang neng..”
Hiks.. hiks.. gimana nggak terharu…
“Susah bi.. dah penuh disini rumahnya.. kita jualan makanan aja yuk Bi dari sekarang..”
“Nggak ada waktu neng klo sekarang.. kerjaan aja baru selese sore…”
Hiks.. sedih lagi…

Kadang kepikiran.. trus ngerasa, kayak nggak ada orang yg lebih baek dari Bibi dalam profesinya.. nggak ngeluh.. slalu bersyukur.. nggak banyak macem2… keinginannya tuh keknya cuma ngurusin anak2 aja.. bukan cari uang.. padahal kan butuh banget tuh..
“Bibi, klo ami dah punya suami n kerjaan.. Bibi ikut ami aja yah.. sama bapak sama beni ikut ami aja…”
…. (nah, sayang sekali aku lupa jawabannya bibi apa waktu itu.. ngarepnya sih iyaa.. he he he..)

Belajar banyak banget dari Bibi.. Ngobrol ma Bibi nda pernah bosen.. gaul juga lagian orangnya.. jadi suka curhat ke Bibi…
Bibi makasih ya.. hiks.. hiks.. terharu..

Oh iya satu lagi.. saking sering cerita2, aku sampe tau pendapatan total keluarga Bibi.. (Bibi+suami) dipikir2 nggak akan cukup buat nyekolahin anak, ngebenerin rumah rusak, dan keperluan2 insidental.. buat sehari2 aja ngepas..
Cuma emang bener hukum hidup “kalo baek sama orang, hidupnya pasti mudah..”
Nah itu Bibi dan suami.. dua2nya baek.. jadi.. selalu aja ada jalannya klo kesusahan..
Yang nyekolahin anak si Bibi, mba2 yang dulu kosan disini..
Trus si Bibi suka dapet tambahan orang2 yg ngasih dia..
Padahal nda minta.. pas dikasih aja nolak2 terus,,, dipaksa dl baru mau nerima..
Bibi.. Bibi…

13 thoughts on “Cerita tentang Bibi

  1. Hahaha… dasar kalian ga berperikemanusiaan! Masa beli makanan di luar aja minta tolong bibi.. kasian ah😀

    Bukannya anaknya bibi ga cuma satu ya? yang kecil kan ada juga, ga cuma yang SMA. Ga tau namanya sih😛

  2. wahh..mi, jangan men-generalisir gitu dong, buat pembaca, emang nih ami suka nyuruh2 bibi hahaha..cuma gw doang nih yang paling baek di kosan wuhahaha(ngarep), yah setidaknya ga kayak ami hihihihi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s