Adekku yang lucu..

Di himpie ngerjain tugas bikin web e-commerce.. eh hp-ku bunyi..

…..
“mba ami, aku dibeliin hp N5300 dong.. iri kan??”
“masa?? boong.. kan kamu belom mau SMP..”
“iya bener..”
“curaang.. itu kan hp idamanku.. masa aku n sarah nggak dibeliin, kamu dibeliin…”
…..

Langsung nggak konsen ngerjain tugasnya.. sambil ngamuk2.. kok curang sih dia..

Beberapa jam kemudian hp berbunyi lagi….

“mi.. bapak mau ke jakarta,, ntar mampir ke bandung..”
“oh iya ya.. oke.. eh pak, masa mira dibeliin hp?? curaang..”
“kata siapa?”
“kata dia sendiri..”
“ha ha ha.. pinter ngarang tu anak.. diboongin kamu..”
“hah??…” (speechless)
….

hhh.. aku dah kuliah gini.. bisa2nya diboongin anak kecil..

Di lain waktu..

“mi.. si mira makin kacau aja..”
“emang kenapa pak?”
“seumur2 bapak nggak pernah kebayang bakalan dipanggil ma guru gara2 anaknya nakal..”
“mang dia ngapain??”
“nyiram adek kelasnya.. berantem katanya..”
“ha.. ha.. ha.. bisa2nya.. trus mira bilang apa?”
“katanya yg musuhan ma yang disiram tuh temennya.. dia mah solider aja..”
“dah jadi berandal cilik tu anak.. trus bapak marah??”
…..

flashback ke omongan bapak ma mira…

“mir, gimana tuh.. masa bapak dipanggil ma ibu guru..” (maksudnya mau marahin mira karena nakal)
“udah lah pak.. lupain aja.. ntar bu guru juga lupa.. ngapain juga dipikirin.. ” (dengan innocentnya n nggak nyadar kalo dia salah)
“…..” (speechless)

kembali ke omongan ami n bapak..

“tuh.. gimana mau marah coba.. anaknya aja cuek gitu..”
“ha ha ha.. batu banget sih.. enaknya jadi dia.. bebas nggak bisa dimarahin..”

Percakapan lainnya antara mira n bapak..

“pak, tadi aku bantuin kevin pas her(ujian perbaikan) bahasa Arab..”

Informasi tambahan, Kevin adalah cowok putih ganteng mungil kecengan mira.. n bapak dengan senang hati ngegodain mira ma si kevin itu..

“iya gitu?”
“Kevin parah.. pantesan ikut her.. masa nulis arab aja nggak bisa.. gimana mau ngejawab pertanyaan”
“berapa orang yang ikut her?”
“dia doang.. kasian.. jadi satu kelas cuma ada dia n bu guru pas her”
“trus gimana bantuinnya?”
“aku ngumpulin anak2.. aku bilang ke mereka jagain jalan kalo ibu guru keluar kelas.. trus selama ibu guru keluar kelas, anak2 ngejagain jalan.. aku masuk kelas n ngerjain ujiannya kevin.. pas ibu guru mau dateng, anak2 ngasih tanda..”
“hmm……” (speechless)
…….

Akhirnya Kevin sukses lulus her.. tentu saja ibu guru tidak pernah tau kalo yang ngerjain her itu bukan kevin melainkan mira.. Itulah adekku.. dah kayak bos geng aja dia.. bisa2nya sampe punya rencana licik kayak gitu.. dijalankan pula.. berhasil lagi..

Di lain waktu antara aku n mira..

“heh.. ranking berapa kamu kemaren?”
“bagus kok mba.. ranking 20.. kemajuan”
“hiiih…”
“kan dari 35 anak..”
“hmm.. emang kemarennya lagi ranking berapa?”
“15 dari 19 anak..”
“hiii.. kamu tuh.. *kakak ranking berapa?” (*panggilan untuk adekku yang tengah..)
“4 dari 30 anak..”
“kamu tuh ya.. punya kakak pinter kok nggak ngikutin.. kapan kamu tobat..??”
“iya ya.. entar kelas 4..”

Tapi sampe sekarang dia kelas 5 pun masih belom bertobat juga tuh anak.. bapak ibu dah menyerah tampaknya..

Antara bapak n ami

“mi.. ambilin rapot mira yah.. bapak mau ngambil rapot sarah..”
“nggak mau.. malu.. pasti rangkingnya jelek.. sampe malu diwejangin ma gurunya kemaren.. kenapa nggak bapak aja yang ngambil punya mira, aku punya sarah?”
“bapak malu juga..”
“……”

Yah itu, secuplik kisah tentang mira..mira
Mira tidak lain tidak bukan adalah adekku yang paling kecil.. Makhluk gendhut, item, kriting, tapi ngegemesin.. Anomali di keluargaku.. entah kulit itemnya nurun dari siapa.. saking desperate nya dia berkulit hitam, sering kita pergokin kelamaan mandi dengan alesan mau luluran biar putih kayak kakak2nya (anak umur segitu dah niat abis luluran sendiri..).. kasiannya dikau de.. trus dia tuh bisa dibilang hasil kloning dari bapakku.. hanya berjenis kelamin beda.. semuanya sama.. sampe cara duduk pas nonton tv pun sama.. kalo dijejerin pas tidur pun gayanya sama.. lucu..
tapi kasian dia.. sampe2 jenis kulitnya pun kayak pria.. nggak bisa dibedakin karena pori2nya besar..
Dan dia masih kecil…baru kelas 5 SD skarang..

Tapi sebenernya makhluk kecil ini luar biasa cerdas.. walopun aku n sarah secara akademis bisa dibilang sukses, tapi tetep aja nggak ada yang secerdas dia.. dia bisa ngikutin pelajaran 2 tingkat di atasnya..
Ambil contoh pas bapak ngajarin sarah matematika kelas 5 & mira masih kelas 3.. sarah sampe desperate nggak ngerti.. padahal adekku yang satu ini rajin luar biasa plus pinter..
eh, mira yang dari tadi ngeliatin aja n diem aja malahan nyambung.. pas bapak nanya.. ini jawabannya berapa? sarah diem.. mira ngejawab.. segini pak.. n bener jawabannya.. semua hanya bisa bengong,,
Kenapa kalo pelajaran dia sendiri dia nggak bisa..
Kenapa kalo dia ada PR, aku n sarah yang disuruh ngerjain dengan alasan dia males n mau tidur..

Trus contoh kecerdasan lainnya.. tapi negatif sih ini.. (emang kecerdasannya lebih sering dipake ke arah negatif).. mira suka ngikutin kata2 di sinetron.. tapi yang makian..’br*ngs*k’, ‘aku mau mati aja’, ‘tidak ada yang sayang padaku’, ‘an**ng’ (aduuh.. tidak tega aku nulis kata2 kasar di blog-ku).. pas ditanya, ternyata mira tidak mengerti artinya.. tapi bisa menggunakan kata2 itu sesuai konteksnya.. kayak sinetron dah suasana rumah kalo udah kayak gitu.. buntut2nya bapak ibu marahin aku ma sarah.. katanya gara2 ngajarin adeknya yang nggak2.. hhh.. kita berdua hanya bisa geleng2 kepala.. ngomong kayak gitu di rumah aja nggak pernah.. gimana mau ngajarin.. Setelah diusut lebih dalam, ternyata selain dia emang suka nonton sinetron, temen mainnya pun anak2 cowok berandal cilik juga.. trus sering adu mulut pake kata2 kasar.. secara temen2 ceweknya sering lapor ke mira kalo dinakalin ma anak cowok.. jadi mira deh yang berantem.. hhh… mira.. mira.. kapan kamu bertobat de??

Untungnya anak ini supel plus baik hati plus punya wajah innocent.. jadi banyak temennya.. n entah kenapa, dasar berandal cilik.. tetep aja nyari temen satu geng yang nakal2..

Percakapan bapak n ami

“mi, pusing bapak…”
“kenapa lagi..”
“si mira tuh temen2nya kacau juga..”
“bukannya si salsa pinter pak?”
“nah, udah nggak sekelas lagi dia n salsa.. sekarang temen maennya 5 orang. n lima2nya ranking 5 terbawah.. mira tuh dah yang paling mending mi..”
“ya ampuuun… ranking segitu dah mending??? hhh…”
“trus kemaren dia minta beliin gitar.. mau nge-band.. ada2 aja kan?..”
“tau deh.. anak itu..” (sambil geleng2 kepala)

Tapi dia anak bapak n ibu yang paling berhati lembut dan tau arti penting keluarga..
Keseharianku selalu berantem ma kedua adekku..
Kata ibu, pas aku pertama kali ke Bandung buat kuliah, mira nangis sambil mojok di kamar n megangin foto aku.. Pas ibu nanya, katanya kangen ma mba ami..
Terharu aku.. padahal nggak segitunya kakak2nya..
Mau percaya sih dia kangen.. apalagi dah kayak gitu.. tapi beneran deh adekku itu, pas aku pulang, malahan diteriakin “oii.. monster pulang.. hiii”..
tuh kan.. beda banget kelakuan dia antara ada aku n nggak ada…

udah ah.. maap ya de.. banyak dosa aku ma kamu.. tah pa pa.. kamu juga banyak dosa.. ade kok kurang sopan ke kakaknya.. tobat kamu.. dah kelas 5.. masih aja..
nih kuabadikan ceritamu di blog ku.. baik kan aku de..?

12 thoughts on “Adekku yang lucu..

  1. ami:
    tuh kan.. beda banget kelakuan dia antara ada aku n nggak adaโ€ฆ

    itu namanya gengsi mi…sebenernya sih kangen..hehehe…

    amaliarahmah : oh iya ya fra?? mudah2an bener.. emang sih dia sering nyuruh pulang.. tapi dengan embel2.. mba.. jangan lupa bawain ini.. itu.. hhh…

  2. kyaa hihihihi,, lucu,,lucu,,,
    gemes, jd pgn punya adik kecil,,
    hehehe penasaran ma tulisan ttg anak kecil soalnya baru aja aq mimpi ttg anak kecil ngegemesin banget deh,,, kyaaa kyknya tuh familiar tapi lupa siapa,,, mmmm anak siapa lagi kumimpiin nih *_*

    amaliarahmah : he he he.. sebenernya adekku mah batu.. heran.. aku juga nulis ttg anak kecil karena lagi inget rumah n abis ikut buka bareng anak2 panti asuhan.. tapi kalo soal panti asuhan, aku post di blog PM ntar..

  3. Anomali yang sama kaya di keluargaku… Anak terakhir beda sendiri…

    amaliarahmah : oh iya ya? untung adekku ada temennya.. kasian dia.. ntar kalo dia lagi ngerasa beda aku bilangin deh, “de, ada juga kok adenya temen mba ami yang beda sendiri..”

  4. @zakka: ahahahah. aku bisa melihatnya zak. dari fisik udah keliatan.๐Ÿ˜€

    @ami: wah enak ya punya adik kaya gitu. cerdas nakal. dari dulu pengen punya adik kaya gitu. hehe. maklum, bungsu.
    btw, jadi inget quote seseorang, “gak ada namanya anak-anak yang nakal. yang ada itu mereka gak punya tempat penyaluran kreativitas berlebih”

    amaliarahmah : he.. he.. iya sih.. enak juga punya adek kecil.. jadi bahan tertawaan.. he he.. tapi puyeng..

  5. Hehe… Sy jg waktu kecil anomali di keluarga sy. Waktu smp byk yg pada takut nyapa sy krn sy jalannya cepet bgt n nunduk terus. Temen2 kakak sy jg selalu gemes kalo ngeliat sy, karena beda bgt ama sifat kakaknya.

    Tenang Mi. Ade-mu bakal baik2 saja kok. Liat aja sy. Gedenya imut, lucu, baikhati pula. Hehe…

    amaliarahmah : oke.. oke.. makasih.. mudah2an benar.. kasian dia kalo nggak..๐Ÿ˜€

  6. @aimee: Mi, adik saya mah udah kuliah… Udah berada pada level yang berbeda dengan adikmu๐Ÿ˜€

    amaliarahmah : semoga adekku tetep selamat sampe kuliah.. hhh.. de.. bertobat kamu.. supaya bisa kuliah kayak adeknya zakka…

  7. waa, mirip sama adekku mi..
    anak-anak jaman sekarang kyknya lebih kreatif2 ya? ^__^

    amaliarahmah : wah, wah,, padahal adekku tampak wajar kalo kayak gitu.. liat aja kakaknya.. lha adeknya novi gimana coba.. padahal kakaknya alim.. he.. he..๐Ÿ˜›

  8. Hehe, itu anomali-ku mi, anak ketiga juga, sering berantem juga pas SD, berantemnya ga cuma sama cewek, cowok juga :)). sekarang udah alim kok (uhuk uhuk :P)

    bisa lah berubah, gpp masi kecil dinikmatin aja masa2 kayak gitu๐Ÿ™‚

    amaliarahmah : oh iya ya ndri.. dah ada contoh suksesnya juga yah?? semoga adekku nan batu itu bisa sepertimu.. kasian juga lama2…๐Ÿ˜€

  9. ahahaha68x sama kayak ade bungsuku, kak
    itu wajar koq
    biasa…
    tapi bersyukurlah kak punya ade kayak gitu
    bikin hidup lebih hidup kan??? =p
    ehehehe68x

    amaliarahmah : iyaaa.. bikin hidup lebih hidup… plus ada yang bisa diceritain ke temen2.. plus ad yang bisa dihina-hina.. emang keluarga tidak normal.. he.. he.. salam kenal juga yah..๐Ÿ˜€

  10. adik kamu heroik amat mi.

    mirip ma ponakanku si lula…

    hahahahahaa….

    dimonitor terus aja mi, biar gak kelewat bates, ntar insya allah kalo udah SMP, mule malu sendiri kok๐Ÿ˜€. hehe.

    amaliarahmah : anak2 sekarang.. emang bikin geleng2 kepala aja yah.. ha.. ha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s