Tagihan Listrik Tiba-Tiba Bengkak

Biasanya cm Rp 75.000 +- 3.000, tiba-tiba jadi Rp 890.000..

Heee.. Kok bisaa? Nah, melalui tulisan ini saya mau coba share mengapa dan bagaimana langkah yg harus dilakukan bila mengalami masalah serupa.. :)

1st things to do:

  • Ricek history tagihan beberapa bulan lalu dan bulan terakhir. Caranya bisa dateng k PLN terdekat *ribet sangat*, via telpon ke call centre PLN (kode kota)-123, atau via web PLN di www.pln.co.id/disjaya *gampang, bisa langsung dari tempat duduk Anda :p*

Pengecekan tagihan listrik via web PLN

  • Cek angka stand meter APP (alat pembatas dan pengukur)..

  • Cek pemakaian (kWh) listrik di meteran listrik..
  • Cek pemakaian (kWh) listrik yang tercatat di PLN..
  • Cek harga listrik per kWh (dijelaskan di bawah)..
  • Cek besar daya yang dipasang di rumah..

Untuk kedua poin terakhir, kita dapat mengeceknya via fitur e-billing pada web PLN dimana kita dapat mendaftarkan alamat email dan detail rincian tagihan akan dikirimkan ke email kita..

Detail tagihan listrik via e-billing

  • Ingat2 rumah yg sekarang dipakai pernah kosong selama beberapa bulan/tahun atau tidak..

Setelah melakukan pengecekan di atas, gugling, dan analisis, maka kami simpulkan bahwa masalah yg terjadi di rumah kami adalah:

  • Rumah kami adalah rumah kontrakan yg baru kami huni selama 1 tahun sampai saat tulisan ini dibuat, dan sebelumnya sempat kosong selama beberapa bulan/tahun..
  • Tagihan bulan-bulan sebelumnya hanya berupa tagihan minimal karena berlangganan listrik untuk daya 2200 watt..
  • Petugas pencatatan listrik yg datang ke rumah-rumah tidak mengecek meteran listrik karena menganggap rumah masih kosong..
  • Tagihan terakhir yang bengkak adalah akumulasi kekurangan tagihan bulan-bulan sebelumnya selama setahun terakhir..

To do next:

  1. Hitung angka kWh yg tertera di meteran dan dikalikan harga per kWh dengan rincian harga (*) sebagai berikut:
    - Rp 790/kWh (untuk 2200 watt)
    - Rp 790/kWh (untuk 1300 watt)
    - Rp 506 (900 watt, yaitu RP 468 plus biaya beban)
    - Rp 486 (450 watt, yaitu Rp 470 plus biaya beban)
    (*) angka di atas adalah per Juli 2012 dan berdasarkan hasil pengamatan pribadi (CMIIW)..
    Untuk kemudahan perhitungan, pada website www.pln.co.id/disjaya juga menyediakan fitur perhitungan ini..

    Pemeriksaan tagihan listrik

  2. Hitung jumlah perkiraan tagihan minimal (*)
    - untuk 1300 watt sekitar 52 kWh –> Rp 41.000 + PPn 10%
    - untuk 2200 watt sekitar 88 kWh –> Rp 69.000 + PPn 10%..
    - untuk daya di bawah 1300 watt, tidak ada biaya minimal, melainkan beban minimal (abonemen) sekitar Rp 10.000 – Rp 20.000.)
    (*) data per 2012, sumber http://www.naskah.net/2012/03/cara-mengetahui-tagihan-listrik.html 
  3. Hitung jumlah total tagihan bulan-bulan yang hanya berupa tagihan minimal..
  4. Bandingkan angka pada poin 1 dan jumlah tagihan bulan terakhir yang membengkak..
  5. Bila ternyata kurang lebih sama, maka masalah yg terjadi adalah sama dengan yg kami alami..
  6. Jika berbeda jauh, perlu ditanyakan kembali ke call centre atau pln terdekat ato gugling lagih (kurang solutif ya :p)
  7. Jika mau tagihan normal lagi, lapor ke call centre atau pln terdekat untuk mencatatkan nilai stand APP.. kayakny sih ini nilai yg dipakai untuk ancer2 perhitungan kWh yg tertera itu start sejak kapan (CMIIW)..
  8. Berdasarkan aturan bahwa daya 1300 n 2200 watt itu menggunakan nilai minimal kwh, berarti kita sudah membayar kwh minimal pada bulan2 sebelumnya, nah ini bisa ditanyakan ke call centre ato pos PLN terdekat, apakah ada keringanan pembayaran karena sudah membayar  angka minimal selama bulan2 sebelumnya..
  9. Ganti ke sistem prepaid, jadi nda ada kasus2 tiba2 tagihan bengkak lagi :D plus bisa kontrol pemakaian listrik rumah kita..

Sekian share ttg masalah tagihan listrik yang meledak.. CMIIW klo ada kesalahan istilah ato konklusi :)

Semoga bermanfaat..

About these ads

23 thoughts on “Tagihan Listrik Tiba-Tiba Bengkak

  1. wah…menghitungnya bs lbh detail gak?misal TV 52 watt,nyala slama 15jam/hr,daya 1300 watt,..brapa biaya slama 1 bulan? tolong balas….ya…

  2. waah,.keknya saia juga mengalami hal yg sama deh mba. Dulunya rumah sempet kosong, semenjak ditempati bayar listriknya ya 75rb trus. Padahal listrik banyak dipake. Trus dapet keringanan pembayaran gak mba? dapet berapa? Bisa nih jadi referensi klo pas ngurus minta keringanan pembayaran di plnnya, ehehehe :D. Thx ya mba

      • ooohh gtu ya mba, ehehehe :D. maksudnya prabayar kali ya bukan pasca bayar? Klo migrasi dari pasca ke pra kena biaya gak mba? mohon infonya yaa. trims

      • oiya,. ketinggalan. klo migrasi dari pasca ke pra, apakah dayanya tetap 2200 seperti sebelumnya, atau bisa kita kurangi?? mohon info selengkapnya ya mba, termasuk jenis meterannya? apakah milih sendiri atau tidak? dan lebih bagus merk apa meterannya. Sori ya mba banyak nanya :D

      • nah itu, yg ngurusin yg punya rumah, jd nda tau biayanya :D
        klo baca2 sih ada biaya, n default nya daya nya sama.. soale ad prosedur lg buat ganti daya pra bayar..
        maap tidak membantu banyak..

  3. Saya cuma rumah satu, pemakaian biasa2 aja, biasanya paling besar di angka Rp.300.000 sekarang melonjak hampir Rp.500.000, sy datang ke kantor pusat untuk mendapat keringanan, tp terlalu banyak bicara, sy males berdebat, tp mangkel juga seumur-umur sy belum pernah bayar sebesar itu, pemakaian hanya itu2 saja, bagaimana nih perusahaan negara harusnya membantu masyarakat malah membebani

  4. Sekedar ingin menambahkan, dari Tagihan listrik meledak, menurut ini; adalah akumulasi dari kekurangan tagihan2 bulan yg lalu, detailnya: Ada beberapa faktor mengapa tagihan bulan lalu bisa kurang….karena petugas pencatat Meter, pada bulan lalu tidak mencatat meter pln (terlewati)..hehe

  5. alhamdulillah tagihan listriknya bengkak sanget, jadi gausah kaget.. halah wong pelanggannya aja banyak yg pake listrik koq

  6. tagihan trahir 270 skrang 306,ber arti kan 306-270 =36,…yg 36 itu kan yg hrus byar…tpi ini luar biasa bos…sya harus bayar 83ru.yg bikin saya bngung 1mtr itu harganya berapa?…tolong di jelaskan….tepatnya di lampung tulang bawang

    • wah saya klo diminta menjelaskan mungkin kurang kompeten, krn bukan orang PLN maupun elektro.. perhitungan saya hanya menggunakan link simulasi dari PLN.. klo dr web simulasi, lokasi tdk menentukan, yg menentukan hanya jenis pemanfaatan, rumah tangga atau industri..
      harga per kWh (mtr itu apa ya? :D) beragam.. untuk pemakaian 1-30 kwh (misal Rp 160) atau 30-60 (misal Rp 340) kwh itu beda.. jd makin banyak kita pake, makin gede harga per kwh nya, gak bisa pukul rata *cmiiw*.. baca di http://www.naskah.net/2012/03/cara-mengetahui-tagihan-listrik.html detailnya,,

      klo mau dibandingin, sy kebetulan sudah pake yg pra-bayar.. untuk Rp 50rb, saya bisa dapet pulsa listrik sebesar 80 kWh..

      semoga sedikit membantu kebingungannya ya :)

  7. giliran saya kena apes sekarang. baru ngisi kontrakan 1 bulan (februari), tagihan listrik tiba-tiba Rp. 670.000,-.
    dari pemilik rumah, saya menerima struk pembayaran Januari sebesar sekitar Rp. 75.000,-. Saya check di internet, pemakaian bulan-bulan sebelumnya berkisar Rp. 75.000 ~ Rp. 125.000,-
    Saya ingat bahwa beberapa hari sebelum masuk kontrakan ini, meteran listrik diganti dari type piringan ke type elektronik paska-bayar (heran juga, kenapa ga langsung di ganti ke prabayar). Kemungkinan selama setahun kemarin pemilik/kontraktor jarang ada di rumah sehingga petugas pencatat PLN tidak bisa membaca meteran, dan akhirnya…hiks…..akumulasi tagihan jatuh ke tangan kontraktor terakhir…
    Listrik saya 1.300 VA, di rumah hanya ada pakai beberapa LHE, satu TV, magic com, dan setrika. PDAM Bogor sangat bagus sehingga saya tidak pernah memakai pompa (jet pump).

    ada advise bagaimana solusi yang terbaik ?

  8. Assalamu’alaikum.saudara saya bertugas melakukan pencatatan KWH meter dan terjadi kesalahan dimana Daya listrik besar sementara biaya kecil dan akhirnya harus mengganti Rugi kesalahan itu sampai 10 jt lebih.yang tanyakan.Apakah faktor penyebab kesalahan itu?,Dan siapa yang sebenarnya harus mengganti rugi biaya tersebut.

  9. sekarang aq juga mengalami keapesan seperti kalian….. tagihan listrik d rumah mengalami pembengkakan yang luar biasa….. 2 kali lipat bahkan lebih. sampai bingung memikirkannya.selain pemakaian sendiri dirumah ada beberapa orang yang ngontrak.kan g mungkin ngecek masing-masing pengontrak. gimana dong solusinya?????

  10. Pemilik kontrakan tempat dimana saya tinggal baru saja mengganti daya dari 900 menjadi 2200 (tanpa konfirmasi terlebih dahulu)– diganti dengan sistem M-token (yg lagi gencar2nya promo tambah daya gratis).. semula tagihan pln sy yg cuma 180 – 200 rb bengkak … belum genap 3 minggu sy sudah menghabiskan 300rb untuk beli token.. stress dan sedih.. padahal pemakaian wajar.. bahkan berkurang (mesin cuci rusak).. kenapa ya?? sy cuma pakai ac, tv, magic com dan kulkas.. setrika juga 2 hari sekali. ada yg bisa bantu?

  11. asalamualaikum ,,mau tanya soal kwh macet ,saya baru pasan meteran kurang lebih 1,th setiap bulanya saya bayar ga nyampai 30.000 per bulan ,kwh 900wt ,tiba2 ada petugas datang katanya meteranya bermasalah ,yg saya tanyakan ,dah 1 th lamanya pihak pln ga tau katanya macet apa lg saya ,terus sayanya yg kena denda ,kalau mau menyalakan ,pihak yg pemasangan donk ,jadi kita deh kena dendanya !katanya di itung2 selama setahun saya harus bayar 800.000 ga boleh di cicil lg ,ko bisa ya kejadian yg kaya gtu padahal tiap bulan ada yg ngecek ! terimakash sebelumnya !

  12. Apakah Anda membutuhkan pinjaman ? jika ya, silakan kembali ke kami melalui email (excelservices.managementonline@gmail.com)

    nama:
    Jumlah Pinjaman :
    durasi :
    Negara :
    Tel :

    Email kami secara pribadi melalui email : (excelservices.managementonline@gmail.com)

    menawarkan pinjaman

  13. Assalamu’alaikum mau nimbrung tentang keluhan tagihan PLN yang bikin bingung. q jg pernah kayak kalian biasanya tiap bulan tagihan berkisar 250 – 300 rb daya 1300 VA tapi pas mau lebaran jadi 2x bahkan lebih 650 rb q tanyakan ke kantor PLN jawabnya itu karena akumulasi kekurangan pembayaran bulan-bulan yang lalu…????
    eh.. padahal tuh rumah gua kagak kontrak.. tiap bulannya gua bayar lunas…. bingung..saya dapet jawaban dari petugas kayak gitu… tapi apa daya kl mau nyala ya bayar….. terus setelah abis lebaran tarif normal 300rb jangan2 ini ada permainan… ya gak..?????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s